10 Contoh Parikan Jowo Tresno, Lucu, Ngeres


Membuat parikan jowo tresno yang membuat tertawa memang tidak mudah, namun dalam mendalami pelajaran bahasa Jawa tidak ada salahnya bahwa contoh parikan jowo ngeres dan lucu mendominasi materi yang akan di ulas sehingga memberikan kesan dan pendapat masing-masing orang, yang nantinya akan melahirkan pendapat baru untuk membuat sendiri bermacam peribahasa jawa beserta artinya.

Begitu banyak contoh parikan bahasa jawa ngoko yang lucu dan menarik untuk disimak, namun membuat sendiri kata demi kata dalam parikan tersebut rasanya memberikan kepuasan tersendiri karena disamping kita merasa geli dan lucu dengan kalimat yang ada juga dapat berlatih bicara menggunakan boso jowo yang baik.

Dari sekian banyak ukoro jowo lucu dan tentang cinta, tentu kita memiliki anggapan tersendiri mengenai sesuatu hal yang dianggap terlalu tabu untuk diucapkan, namun kalau hal itu diplesetkan kedalam parikan bahasa jawa tresno kadangkala malah menimbulkan satu kelucuan tersendiri.

 

Contoh parikan boso jowo

Dibawah ini adalah beberapa baris parikan menggunakan kalimat ngoko dan bahasa jawa santai yang mungkin dapat memberikan ide bagi Anda dengan segala makna lucu yang terkandung dalam parikan tersebut. Bisa saja orang memiliki anggapan tersendiri mengenai apa yang mereka bicarakan, namun bukan tidak mungkin hal itu akan berdampak secara mendalam mengenai apa yang patut disangkakan dan bagaimana orang berperilaku sebaik mungkin terhadap apa yang mereka yakini.

Iwak teri dipangan  manuk
Bengi iki awakku sumuk

Sambel trasi wadahe bumbung
Awak s3ksi irunge mancung

Ini kodok nabrak koco
Yen wes mbadok lali konco

Sepet-sepet sawone mateng
Diempet-empet nganti mrekedeng

Kembang suket mekar sore
Ndasku mumet mikir kowe

Gulo jowo gulo batu
Aku soyo kangen kowe cah ayu

Iwak teri dipangan kucing
Bengi iki aku kangen darling

Kolojengking mencok suket
Soyo njengking soyo rapet

Trek gandeng rodane papat
Arep mbonceng rondone liwat

Kapal keruk taline pedot
Nyekel bathuk clonone mlorot

 

Memaknai parikan bahasa jawa

Tentu kita perlu membicarakan lebih jauh mengenai kalimat demi kalimat yang digunakan dalam parikan tersebut, khususnya bila ingin belajar bahasa jawa lebih jauh sehingga tidak ada yang terlewatkan. Namun kalau hal itu hanya sekedar keinginan untuk memiliki hal baru dalam hidup kaitannya dengan apa yang dianggap memberikan hiburan, maka tidak perlu terlalu serius dalam menyikapi segala hal yang ada.

Dalam banyolan-banyolan lucu bahasa jawa kadangkala terselip makna tersembunyi tentang nasehat dan bagaimana kita mencari makna sebenarnya dari kalimat yang ada. Sehingga tidak akan kehilangan arah dalam menentukan parikan yang ada, juga bagaimana sikap orang dalam meresapi makna tersendiri akan memberikan hiburan dan pembelajaran baru.

Oleh sebab itu, tidak perlu terlalu serius dalam menganggap setiap kalimat yang ada karena selalu ada hal  tersembunyi yang memberikan kesan tersendiri sehingga kita patut mencari tahu apa yang sebenarnya dapat dicapai dari belajar parikan boso jowo tentang cinta atau yang lainnya.