5 Macam Benda yang Dapat Menyerap Bunyi

Mengetahui apa saja macam-macam benda yang dapat menyerap bunyi adalah suatu hal penting yang layak kita simak, karena dengan adanya banyak benda yang menyerap bunyi maupun memantulkan bunyi akan memberikan informasi menarik untuk kita kaji lebih jauh. Hal ini mengingat banyaknya keperluan yang melibatkan penggunaan jenis bahan tersebut, diantara material yang dapat menghambat pemantulan suara dari gelombang bunyi yang mengenainya antara lain akan kita ulas dalam tulisan dibawah ini.

Dalam kehidupan kita memang selalu melibatkan penggunaan sejenis benda untuk keperluan audio misalnya untuk membuat studio musik, maka mengetahui jenis benda yang menyerap bunyi amat perlu karena kalau tidak diantisipasi dengan perencanaan ruangan yang baik bisa jadi akan menimbulkan gangguan pada lingkungan sekitar oleh berisiknya bunyi dari peralatan musik tersebut.

Bebrapa benda memiliki karakteristik menyerap gelombang bunyi yang mengenainya, hal ini disebabkan karen permukaan benda tersebut memiliki tekstur yang lembut dan lunak, sehingga ketika ada pantulan bunyi maka akan diredam oleh permukaan benda tersebut dan sangat sedikit yang dipantulkan kembali ke benda lain disekitarnya.


Sifat benda yang dapat meredam bunyi ini dimanfaatkan dengan baik untuk penataan ruangan dan konsep pembuatan ruang kedap suara yang akan berguna untuk keperluan tertentu. Maupun untuk mengatasi kebisingan yang ada terjadi dalam suatu ruangan ketika banyak sumber bunyi disana. Memang beberapa jenis benda tidak dapat meredam bunyi dengan sangat baik, namun paling tidak dapat mengurangi pemantulan bunyi yang tidak beraturan sehingga merusak suara asli atau sumber bunyi yang di inginkan.

Beberapa bahan material yang dapat menyerap bunyi antara lain:

  1. Busa
  2. Gabus
  3. Kayu
  4. Kain
  5. Karpet

Penjelasan singkat mengenai apa saja material yang dapat menjadi peredam bunyi diatas rasanya cukup ringkas namun dapat memberikan pemahaman bagi pembaca yang mungkin masih bingung dengan perbedaan benda penyerap suara dan pemantul suara. Sekiranya masih banyak kekurangan maka silakan ditambahkan sendiri karena memang tidak ada referensi lengkap yang penulis dapatkan terkait topik diatas.

Mungkin akan lebih baik kalau kita mengenal secara langsung tentang karakteristik dari benda-benda tersebut, seperti halnya dalam artikel sebelumnya mengenai komponen rem tromol maka disini kita tetap membuka peluang bagi pembaca untuk saling bertukar pikiran melalui kolom komentar yang telah disediakan. Namun kalau dirasa ada manfaat dari tulisan diatas silakan bantu membagikannya dengan teman lain supaya mereka juga mengerti akan contoh benda yang menyerap bunyi.