6 Cara agar suami tidak selalu menuruti kata orang tuanya


Sebuah hal menarik untuk dibahas adalah ketika kita bicara mengenai bagaimana cara agar suami tidak selalu menuruti kata orang tuanya yang menjadi satu polemik tersendiri bagi seorang istri, apalagi untuk para istri yang ikut tinggal satu rumah dengan ibu mertua, tentu memiliki perasaan yang hampir sama dimana kadangkala timbul gesekan yang akan menyebabkan hubungan dalam rumah tangga menjadi terganggu. Dikehendaki ataupun tidak, ketika kita sudah berkeluarga maka harus memiliki privasi tersendiri antara suami dengan istri, dimana hal ini kadang menjadi kurang menyenangkan saat kita tinggal satu atap dengan ayah dan ibu mertua.

suami istri bahagia

Memang sewajarnya ketika orang memiliki pendapat berbeda  sehingga kadangkala tidak satu pendapat dengan orang yang kita sayang dan selalu bertemu dengannya setiap hari. Namun demikian, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat kita memiliki masalah dalam keluarga, maka yang timbul adalah kendala dengan pasangan sendiri, dimana dia seperti lebih mengutamakan keluarga sendiri daripada anak istri. Ini menjadi kecemburuan tersendiri bagi seorang istri, saat melihat suami terlalu berlebihan ketika membantu ibu bapaknya.

Seorang suami memang tidak dapat lepas dari orang tuanya, terutama sang ibu. Berbakti kepada ibu adalah kewajiban bagi suami, dan patuh pada suami adalah kewajiban seorang istri. Sehingga ada semacam aturan tidak tertulis yang membuat kita sebagai seorang istri harus mengerti batas-batas yang harus dipahami ketika menyangkut masalah suami dan keluarganya. Meskipun sudah tinggal dalam rumah sendiri, namun membantu suami untuk berbakti kepada orang tua mereka tentu menjadi keharusan bagi istri.

Dan demikian pula untuk suami, hendaknya dapat menimbang dan memilah dengan baik bagaimana dia memperlakukan kedua orang tuanya, dan memperlakukan mertuanya sehingga sang istri tidak cemburu, apalagi merasa terlantar.

Tips supaya suami selalu menuruti kata istri dan tidak tergantung orang tua

Ada kalanya suami istri memiliki waktu yang cukup untuk saling berbagi masalah, menyelesaikan kesulitan dan menikmati waktu bersantai bersama keluarga kecil. Apalagi kalau sudah ada si buah hati, maka kebersamaan dan kedekatan antara ayah dan anak sangat diperlukan, sehingga peran seorang istri sangat besar untuk membuat suami senang dan betah bersama keluarga.

Kadangkala kesibukan suami menyebabkan tidak ada waktu untuk bersama anak istri, namun ini dapat disiasati dengan ketepatan mengatur jadwal kerja dan waktu bersama keluarga, sehingga setiap momen tidak akan terlewatkan dan apa yang dilewati bersama menjadi sebuah kebersamaan yang memberikan kebahagiaan.

Trik agar suami mandiri dan selalu sayang anak istri, dalam artian positif:

  1. Selalu usahakan untuk tahu apa yang diperlukan suami
  2. Meskipun suami sibuk dengan pekerjaan, jangan lewatkan waktu untuk bersamanya, misalnya makan malam bersama, bercanda bersama anak istri
  3. Berbaik dengan mertua, ini akan memberikan rasa sayang sang suami. Karena suami berpikir istri yang baik pada orang tuanya tentu akan dapat menjadi pendamping yang baik selamanya
  4. Tidak cemburu atau iri berlebihan ketika suami membantu keluarganya, apalagi kedua orang tuanya. Sebaliknya sebagai seorang istri kita harus dapat menempatkan diri dan mendukung suami
  5. Dengan dukungan kita, dan sifat yang baik seorang istri, maka suami akan makin sayang istri dan anak. Dan selalu mendengarkan apa yang dikatakan istri sehingga dia akan menjadi sosok yang penuh cinta kepada anak istrinya
  6. Selalu berdoa dan patuh pada pasangan

Sebuah keluarga dibangun bukan hanya memikirkan kebahagian sekejap, namun kita harus paham bahwa ada banyak ujian dan masalah yang akan ditemukan didepan sana. Ketika kita dapat selalu bersama dengan orang-orang tercinta saat susah dan senang, itu adalah sebuah kebahagian yang tidak ada duanya.

Tidak ada salahnya kalau kita selalu berprasangka baik pada suami, demikian pula sebaliknya. Sehingga selalu bangga dengan apa yang dilakukan pasangan akan membuat kita mengerti apa yang diinginkan pasangan, dan mampu menjalani hidup berkeluarga tanpa harus jauh dari anggota keluarga lainnya. Namun sebuah kebanggaan ketika kita dapat dekat dan baik pada semua anggota keluarga termasuk keluarga suami dan mertua.