Alasan dan Penyebab Pedagang Tidak Jujur

Seringkali kita menemui kasus praktek tidak jujur dari para pedagang, berbagai alasan pedagang tidak jujur memang bisa sangat beragam. Misalnya alasan pedagang menggunakan formalin pada bahan makanan atau barang yang dijualnya, pasti kita sudah sering melihat ulasan di televisi tentang praktek para oknum pedagang yang curang ini.

Penyebab pedagang sering tidak jujur memang menjadi dilema tersendiri, karena biasanya mereka melakukan hal-hal yang curang tersebut juga karena terbentur masalah ekonomi. Namun ada juga pedagang yang memang sengaja melakukan hal tersebut karena persaingan dengan pedagang lain, atau karena tidak mau barang dagangannya kadaluwarsa, dll.


Alasan dan Penyebab Pedagang Tidak Jujur

Tidak semua pedagang curang, namun tidak dipungkiri memang ada oknum pedagang tidak jujur yang tentunya akan sangat merugikan kita sebagai konsumen maupun pedagang lainnya yang bersih.

Contoh kegiatan pedagang yang tidak jujur misalnya menambahkan bahan pengawet yang berbahaya pada barang dagangannya. Tujuannya tentu dia tidak mau rugi karena barangnya rusak atau busuk.

Contoh lain misalnya karena persaingan harga dengan pedagang lain. Dia menjual barangnya lebih murah, padahal sebenarnya timbangan yang dipakai sudah diturunkan sedemikian rupa.

Hal-hal curang yang dilakukan oleh pedagang umumnya karena alasan klasik seperti ingin cepat kaya, ingin untung banyak, ingin balik modal, ingin keuntungan yang berlipat ganda., dll.