Beberapa Kegiatan yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat Otak

Mencari kegiatan yang dapat meningkatkan daya ingat sehingga tidak mudah lupa akan sangat berguna bagi kita yang ingin berlatih mengasah daya ingat sehingga akan menjadikan kita terbiasa untuk mengingat sesuatu. Ini sangat penting karena dengan banyaknya pekerjaan dan aktivitas sehari-hari kadang membuat kita menjadi orang yang super sibuk, sampai lupa dengan hal penting yang seharusnya kita perhatikan. Kalau dibiarkan terus-menerus ini tentu tidak baik karena ketika sudah mulai sering lupa dengan sesuatu, suatu saat pasti akan melewatkan hal penting yang tidak seharusnya kita lupakan.

murid pintar

Banyak cara melatih daya ingat secara alami dan dapat dilakukan sendiri pada waktu kita punya kesempatan, bahkan sambil menjalani rutinitas pun dapat memulai untuk berlatih tips tersebut. Karena memang hal itu dapat dilakukan dari kegiatan ringan yang sama sekali tidak kita bayangkan sebelumnya, namun kalau dibiasakan ternyata sangat bagus sebagai latihan agar tidak mudah lupa dengan sesuatu. Ini tentu akan berguna bagi mereka yang sering lupa dan punya pemikiran yang tidak dapat dipastikan untuk mengingat sesuatu, dan akan memberikan kesempatan agar lebih baik lagi dalam melatih segalanya dimasa yang akan datang.


Faktor penting yang layak diperhatikan adalah apa saja penyebab daya ingat menurun, karena ketika kita mengetahui dengan pasti penyebabnya maka akan lebih mudah mengantisipasi dan melakukan pencegahan agar tidak semakin parah. Sedangkan melihat kondisi tersebut akan lebih baik kalau kita perhatikan dengan seksama jangan sampai itu berlanjut. Kebiasaan yang dapat menurunkan daya ingat antara lain adalah karena terlalu lelah bekerja, kurang tidur sehingga mengakibatkan kita menjadi stress. Kadang kita tidak memperhatikan bahwa sebenarnya badan kita perlu istirahat lebih banyak dan cukup tidur, mungkin karena kesibukan yang menyebabkan kita lalai akan hal tersebut.

Banyak juga yang mengatakan bahwa daya ingat yang menurun dapat disebabkan karena depresi, jenis makanan tertentu dan kekurangan vitamin B12. Ini tentu dapat dicegah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang menyebabkan kondisi tersebut semakin parah, dan untuk vitamin rasanya dapat dikonsultasikan dengan dokter anda tentang bagaimana sebaiknya memperbaiki kebiasaan hidup supaya daya ingat lebih tajam.

Berikut beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan daya ingat otak kita:

  1. Melatih daya ingat dengan belajar secara berlanjut dan tidak terhenti
  2. Mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya ingat, yaitu yang mengandung vitamin B12
  3. Memperbanyak persahabatan dan komunikasi dengan orang lain
  4. Olah raga
  5. Mencari kegiatan baru entah itu pekerjaan atau permainan sehingga pikiran kita menjadi lebih fresh

Demikian yang dapat kita lakukan untuk mengasah ingatan dan memperbaiki cara berpikir yang kaitannya dengan daya ingat otak kita. Semakin banyak kita berlatih akan memperoleh hasil yang baik sehingga akan berguna untuk masa depan dan kebaikan kita sendiri. Ini memang memerlukan tekad kuat dan tidak mudah putus asa, namun kalau dilakukan dengan baik akan mencapai hasil yang di inginkan. Sehingga tidak ada alasan untuk lalai dengan apa yang seharusnya memang kita lakukan.