Pentingnya Belajar Mendalami Ilmu Kebatinan

Bagi sesetengah orang, mendalami ilmu kanuragan merupakan aktifitas yang menyenangkan. Karena dengan belajar ilmu kebatinan kita dapat mengolah mata batin sehingga mencapai tahapan dimana indera ke enam akan menjadi sangat peka, mudah merasakan hal-hal yang bersifat spiritual dan mampu membedakan mana yang baik dan tidak pantas untuk dilakukan. Belajar ilmu batin bukan sekedar bagaimana kita dapat melakukan hal ghaib yang tidak sewajarnya, namun lebih kepada melatih ketenangan hati dan pengendapan jiwa sehinga mampu mengendalikan panca indera dengan baik, membedakan mana yang tidak baik untuk dilakukan oleh seorang manusia.

Banyak yang salah kaprah tentang ilmu beladiri jenis ini, karena dengan mempelajari ilmu kebatinan umumnya orang akan menyamakan dengan ilmu kebal senjata, ilmu tenaga dalam dan sejenisnya yang sebetulnya masih sangat luas cakupannya daripada itu semua. Baik orang awam maupun yang sudah pakar, umumnya akan menganggap ilmu ini sebagai sesuatu yang amat penting dalam kehidupan untuk dipelajari.

Apabila anda termasuk orang yang memiliki minat dalam bidang olah kebatinan ini maka tidak ada salahnya memberikan sedikit waktu untuk mengenal dunia tersebut lebih jauh. Karena tidak akan salah jika mempelajari sesuatu yang sebenarnya sudah menjadi hakekat manusia di dunia ini, yaitu belajar kebatinan adalah sebagian dari wujud fisik manusia yang sudah kelihatan secara lumrah.


Memperoleh ketenangan batin adalah pencapaian tertinggi dalam pembelajaran ilmu ini, banyak orang yang belajar oleh kebatinan namun karena jiwanya masih terbebani oleh ambisi dunia maka tidak akan mencapai apa yang ingin diraih. Suatu ketenangan jiwa hanya akan terpenuhi apabila kita mampu mengendalikan keinginan hati, nafsu, dan membendung ambisi yang tidak akan berguna.

Melihat apa manfaat belajar ilmu kebatinan maka akan sangat banyak faedahnya dalam hidup ini, selain apa yang telah disebutkan diatas, masih banyak lagi manfaat lain yang akan terasa apabila kita mempelajari segala hal terkait kebatinan. Misalnya mempunyai kemampuan diluar manusia pada umumnya. Ketajaman indera ke-enam yang semakin terasa, dan mampu menjadi orang yang apa adanya tanpa obsesi dunia yang semu.

Itulah beberapa diantara point penting apabila kita berminat mempelajari segala hal yang berkaitan dengan olah ilmu batin. Tidak ada salahnya mencari tahu lebih banyak mengenai hal tersebut karena akan memberikan manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung bagi kehidupan kita.