Cara Membuat Keputusan yang Baik dan Efektif

Menentukan suatu keputusan besar kadang merupakan hal yang berat untuk dilakukan, meskipun sudah berpikir bagaimana cara membuat keputusan yang efektif dan baik bagi semua pihak, namun dengan melihat masalah yang dihadapi kadang merupakan pilihan berat untuk kita apabila masih ada keraguan.


Untuk dapat mengambil keputusan yang efektif, maka ada beberapa hal yang patut kita ketahui agar apa yang kita putuskan tidak menjadi penyesalan dikemudian hari.

  1. Pertama, jika memang sudah memutuskan untuk suatu hal, maka jangan sampai ada keraguan atau takut akan bayang-bayang yang belum tentu terjadi.
  2. Yakinlah bahwa keputusan tersebut adalah yang terbaik dan memang benar harus dilakukan.
  3. Jika keputusan yang kita ambil melibatkan orang banyak, ada baiknya untuk meminta pandapat mereka, apa dampak bagi orang lain dan bagaimana anda seharusnya harus memutuskan agar tidak menimbulkan kata sindiran dan dapat saling mengerti antar sesama.
  4. Dan yang terakhir, jika tak ada lagi orang yang dapat diharapkan untuk memberikan pendapat, maka ikutlah pada kata hati dan insting diri sendiri. Karena apa yang menjadi insting kita biasanya manjur untuk memberikan keputusan terbaik bagi kita.

Demikianlah sedikit tentang bagaimana kita dapat belajar mengambil keputusan yang baik dan cara membuat keputusan yang efektif.