Cara Memperbesar GGL Induksi dan Pengertian

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara memperbesar GGL induksi maka tidak ada salahnya kalau kita ulas sebentar tentang apa itu pengertian GGL induksi dan mengapa induksi tersebut dapat terjadi. Memang bukan hal baru kalau kita membahas mengenai GGL induksi karena tema tersebut sangat sering kita dengar dalam pembahasan di sekolah terutama yang kaitannya dengan pelajaran induksi medan magnet dan seputar lilitan atau kumparan sehingga ketika kita membahasnya maka akan selalu berkaitan dengan topik tersebut.

GGL induksi

Besar kecilnya GGL induksi dapat di ukur sehingga kita dapat menentukan seberapa besar GGL yang terjadi pada suatu rangkaian, dan untuk mengetahui besaran GGL induksi ini maka akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain seperti yang disebutkan berikut.

Faktor yang mempengaruhi GGL induksi:


  1. Banyaknya jumlah lilitan
  2. Besarnya medan magnet
  3. Seberapa cepat perubahan atau gerakan medan magnet (fluks magnet)

Mengamati dari setiap faktor diatas tentunya akan memberikan pemahaman kepada kita bahwa untuk merubah besar kecilnya GGL induksi dalam suatu rangkaian maka diperlukan perubahan pada tiap komponen yang berhubungan dengan faktor tersebut. Misalnya untuk contoh pertama dalam mengubah besarnya GGL induksi dapat dilakukan dengan memperbanyak lilitan yang berupa kawat kumparan, sehingga akan menghasilkan induksi yang lebih besar dari sebelumnya.

Selengkapnya mengenai cara menambah besarnya GGL induksi adalah seperti berikut:

  1. Dengan menambah jumlah lilitan kumparan
  2. Menambah besarnya laju perubahan fluks magnet
  3. Menguatkan besarnya induksi magnet pada rangkian tersebut

Dari beberapa opsi diatas tentu dapat kita amati satu persatu bahwa ternyata untuk menambah besarnya induksi yang terjadi adalah dipengaruhi oleh beberapa faktor, yang kalau salah satu faktor dirubah akan menyebabkan perubahan GGL secara signifikan. Hal ini dapat dikembangkan kedalam rangkaian yang lebih kompleks untuk mendapatkan hasil lebih besar pula.

Membaca penjelasan diatas membuat kita paham mengenai apa saja faktor yang mempengaruhi besar kecilnya GGL yang terjadi dalam suatu rangkaian, hal ini akan memberikan banyak ide dalam pengembangan lebih lanjut untuk menemukan bentuk lain dari gaya gerak listrik atau GGL itu sendiri untuk kebutuhan yang lebih banyak sehingga diperlukan perhitungan selanjutnya yang lebih rinci tentunya dalam rumus tertentu untuk memperoleh hasil yang dimaksudkan.