Cara Menemui Danyang Desa dan Memanggil untuk Berkomunikasi

Hal menarik yang tidak kalah seru untuk dibahas adalah ketika kita berbicara mengenai bagaimana cara menemui danyang desa yang bertindak sebagai pelindung atau sosok gaib yang menaungi kehidupan manusia di desa tersebut. Umumnya ada orang yang dengan sengaja mengajak berkomunikasi dengan roh halus atau roh para leluhur untuk dijadikan sebagai sarana memulai segala sesuatu yang bersifat sakral di desa tersebut, misalnya memanggil makhluk halus untuk tujuan tertentu yang pastinya berkaitan dengan kepentingan manusia dan orang banyak dalam wilayah tersebut. Tradisi dan ritual ini menjadi sangat menarik untuk kita ketahui karena tidak semua orang memiliki pengetahuan akan sejarah dan asal-usul desa tersebut sehingga dapat menerangkan dengan jelas bagaimana harus menyikapi keadaan yang berkaitan dengan apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan kebaikan dari semua hal tersebut.

danyang desa

Untuk diketahui, danyang adalah sosok roh leluhur zaman dahulu atau murni makhluk halus yang dianggap menjadi naungan dari suatu desa, di Jawa kepercayaan ini masih ada dan seringkali kita temukan berkaitan dengan aktivitas sebuah desa. Roh leluhur yang dianggap menjadi naungan dari sebuah desa misalnya tokoh penting zaman dahulu, orang yang pertama kali membuka hutan di wilayah tersebut sebelum adanya desa sehingga dia adalah orang yang sangat berjasa.


Seringkali kita mendengar cerita seru mengenai sebuah keadaan dalam suatu desa yang berkaitan dengan adanya makhluk halus dari daerah tersebut dan dianggap membawa peristiwa tertentu sehingga orang akan mulai memikirkan bahwa itu merupakan sosok yang dianggap sebagai danyang yang menghuni sebuah pohon tua misalnya disebut dengan resan atau dalam batu dan tempat tertentu. Ini menjadi sebuah hal yang patut diketahui ketika seseorang dengan keinginan kuat ingin berkomunikasi dengan leluhur dan penunggu dari tempat angker di wilayah tersebut maka tidak mudah dilakukan kecuali dia telah memiliki ijin dan keahlian tertentu untuk melakukan hal itu dengan baik.

Dalam acara tertentu yang melibatkan momen sakral atau hal besar biasanya orang yang dituakan atau orang yang mengerti tentang hal gaib akan meminta izin terlebih dahulu kepada danyang desa sebelum acara dilangsungkan, dengan harapan semua yang dilakukan nanti dapat berjalan dengan lancar karena sudah mendapatkan ijin dari leluhur dan sosok yang melindungi desa tersebut.

Ketika orang asing datang ke sebuah desa dan hendak melakukan ritual atau menjalani lelaku prihatin maka dianjurkan juga minta izin terlebih dahulu pada danyang dan penunggu dari desa tersebut agar tidak diganggu dan semua yang dilakukan nanti akan mudah dijalankan dengan baik tanpa adanya halangan atau aral ditengah jalan. Demikian sekilas mengenai kepercayaan masyarakat yang sekarang ini mulai hilang dan tidak lagi poluler, namun sebagian daerah masih mempercayai akan hal ini dan beranggapan bahwa danyang desa memang ada dan menentukan apa yang dilakukan orang ketika coba mengganggu wilayah tersebut.

Menilik pada hal-hal yang masih berkaitan dengan mitos dan kepercayaan setempat seperti diatas tentu kita dapat memilah dan memilih sendiri. Kalau dirasa itu ada manfaatnya maka akan lebih baik menghargai kepercayaan tersebut, bukan berarti kita harus ikut percaya namun akan semakin baik kalau dapat memelihara adat dan budaya setempat yang menjadi ciri khas dari suatu daerah untuk tujuan kedepan. Sehingga dengan banyaknya keragaman dalam kehidupan ini menjadikannya semakin menarik karena tetap dana hidup rukun berdampingan satu sama lain tanpa saling menyinggung dan mengganggu ketenteraman dalam bermasyarakat.