Cara Mengetahui Tenaga Dalam Diri yang Sudah Aktif


Bagaimana cara mendeteksi tenaga dalam kita sudah aktif atau belum? Banyak orang yang sedang belajar tenaga inti atau ilmu kebatinan bingung mengenai cara mengetahui tenaga dalam yang sudah aktif itu bagaimana, karena dengan banyaknya latihan yang kita jalani kadangkala menyisakan pertanyaan apakah kita sudah berhasil dalam melakukan teknik-teknik tersebut atau belum, sehingga berpikiran untuk mengetahui apakah materi pelajaran yang kita serap sudah dapat dikuasai dengan baik. Untuk para pemula hal ini jelas menjadi hal penentu untuk terus membangkitkan semangat untuk terus belajar, karena ketika kita mengetahui proses dan perkembangan dari apa yang kita pelajari akan menjadi penyemangat tersendiri.

kata bijak percaya diri

Sebenarnya, dalam tahap belajar akan lebih penting kalau kita fokus pada materi pelajaran dan terus mengikuti arahan dari guru atau pembimbing yang mendampingi kita sehingga dapat memperoleh materi dengan baik dan untuk urusan berhasil atau tidak itu memang menjadi resiko kita selama masih mau melanjutkan belajar. Namun demikian, tidak ada salahnya mencari tahu bagaimana menentukan apakah kita berhasil menguasai suatu teknik atau belum dan apakah ada perkembangan yang cukup baik dalam diri sehingga mampu mencapai tingkatan yang lebih tinggi atau belum.

Sebagaimana kita ketahui, tenaga dalam adalah energi dalam diri kita masing-masing yang tidak akan dapat dilihat dengan mata kasar dan kemungkinan untuk merasakan kehadirannya juga harus memerlukan konsentrasi penuh sehingga indera kita semakin peka terhadap getaran energi tersebut. Dari sinilah kita baru akan dapat mendeteksi dan mengetahui apakah energi kita menjadi semakin kuat atau belum untuk tahapan tertentu sehingga setiap latihan yang dilakukan akan menjadi semakin terarah, dan pengetahuan kita akan terasah dengan baik. Kalau sudah begini maka akan mudah menentukan apakah kita layak untuk mempelajari materi yang lebih kompleks atau harus mengulang dari awal.

Untuk orang yang sudah terlatih dalam hal kepekaan, akan dapat merasakan perubahan dalam dirinya apabila energi batin semakin kuat. Diantaranya adalah tingkat kepekaan yang semakin baik, akan mudah merasakan setiap aliran energi dalam tubuh dan mengendalikannya sehingga dengan mudah dapat mengetahui apakah sudah berhasil dalam suatu latihan atau belum.

Namun untuk latihan yang lebih terarah biasanya para pembimbing akan melakukan ujian atau pengetesan untuk melihat sejauh mana keberhasilan seorang murid dalam mempelajari teknik yang sudah disampaikan. Dalam hal ini akan dilakukan ujian khusus yang berkaitan dengan tenaga dalam misalnya berlatih mendeteksi aliran tenaga dalam itu sendiri. Melakukan ujian dengan kontak fisik, misalnya memukul batu, beton atau besi baja untuk mengetahui aliran tenaga dalam tingkat dasar apakah sudah dikuasai dengan baik atau belum. Juga, masih banyak cara menguji ilmu yang sudah kita serap dengan teknik lain yang mungkin berbeda tergantung pengalaman dan pengembangan setiap orang.