Gejala Penyakit Muntaber dan Ciri-Cirinya

Ciri ciri muntaber patut kita ketahui karena memasuki musim hujan seperti sekarang ini selalu banyak kasus sakit muntah berak yang melanda baik orang tua maupun anak-anak. Banyak diantara mereka belum mengetahui cara menyembuhkan sakit muntaber terutama dalam hal penanganan pertama mengobati penyakit ini. Seringkali kita beranggapan bahwa sakit muntaber adalah gejala penyakit ringan yang tidak harus diobati, padahal kalau dibiarkan dan penyakit ini tidak kunjung membaik maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius.

Secara umum penyakit ini akan dapat dilihat dari tanda-tanda yang menyertainya, misalnya kondisi fisik menjadi lemas, stamina menurun, gangguan sakit perut dan pada tahap akhir akan terjadi keluhan sering buang air besar bahkan disertai muntah. Hal ini merupakan gejala umum dari penyakit muntaber, sehingga meskipun cirinya terlihat sama namun kadang gejala tersebut mengarah pada penyakit yang lebih serius.

Dalam kasus penyakit muntaber akan ditandai dengan ciri-ciri:

  1. Terjadi demam ringan sampai sedang
  2. Kram pada perut
  3. Muntah-muntah
  4. Perut terasa nyeri
  5. Dehidrasi
  6. Hilangnya nafsu makan

Ketika salah seorang anggota keluarga terkena penyakit ini seringkali menimbulkan rasa panik yang mendalam dalam diri kita. Melihat kondisi si pasien yang lemas dan terlihat lesu akan semakin membuat kita khawatir, hal ini biasa terjadi karena setiap orang melihat keluarganya dalam kesusahan maka akan bingung dibuatnya. Namun, tidak perlu panik dengan keadaan seperti sekarang ini. Pertolongan pertama pada penyakit ini adalah dengan memberikan minuman yang cukup agar cairan yang hilang dapat tergantikan.


Pemberian air putih saja tidak mencukupi karena kandungan cairan yang diperlukan adalah terdiri dari air, gula dan garam. Kalau secara tradisional biasanya orang akan membuat minuman dengan kombinasi air gula dan garam untuk pasien. Hal ini hampir sama dengan pemberian oralit untuk menolongnya mendapatkan cairan yang cukup agar tidak dehidrasi.

Apabila beberapa anggota keluarga anda terkena penyakit muntaber, maka penanganan yang harus dilakukan mencakup kebersihan makanan dan lingkungan tempat tinggal. Karena penyakit disebabkan oleh konsumsi makanan yang kurang bersih atau lingkungan yang kumuh sehingga banyak kandungan kotor yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini dapat diatasi dengan menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan agar terhindar dari menularnya penyakit ini.

Tindakan penyembuhan penyakit muntaber dapat dilanjutkan dengan pergi ke dokter apabila tidak ada perkembangan yang baik pada pasien. Hal ini mengingat samakin banyak pasien kehilangan cairan tubuh maka akan semakin memperburuk kondisi kesehatannya. Harus segera mendapatkan pertolongan untuk memulihkan stamina tubuhnya, dan cara terbaik adalah dengan membawanya ke dokter untuk diberikan resep yang sesuai.

Meskipun penyakit ini termasuk gejala yang sangat banyak terjadi dan tergolong penyakit biasa di masyarakat namun ada baiknya untuk selalu waspada dengan kondisi pasien. Yang perlu dikhawatirkan adalah gejala susulan dari penyakit ini yang mungkin akan menjadikan keadaan semakin tidak baik.