Ciri Khusus Trenggiling yang Perlu Diketahui

Tidak banyak orang tahu seperti apa ciri khusus trenggiling karena memang hewan ini tergolong langka dan tidak dapat ditemukan dalam beberapa tempat sekalipun. Dalam mempelajari apa saja tanda khas hewan trenggiling yang perlu kita ketahui mungkin akan lebih baik kalau mengamati binatang tersebut secara berkala guna mendapatkan karakteristik maupun morfologi dengan lebih jelas sehingga dapat ditarik kesimpulan yang pasti untuk menentukan seperti apa hal unik yang dapat ditemukan dalam binatang tersebut karena memang untuk menyimpulkan suatu hal kita perlu mendapatkan data-data dengan pasti agar tidak menimbulkan kebingungan dan salah penafsiran bagi orang yang ingin mempelajari hal tersebut dengan seksama. Adapun untuk binatang yang satu ini karena cukup sulit ditemukan maka tidak akan mudah menemukan seperti apa ciri ciri trenggiling sehingga akan lebih baik kalau kita menyimak penjelasan berikut untuk mendapatkan jawaban pasti dari keadaan tersebut.

trenggiling

Popularitas trenggiling yang semakin sedikit menjadikan hewan ini sulit ditemukan terutama dalam lingkungan sekitar kita meskipun pada habitatnya hewan ini hidup di iklim tropis dengan kondisi alam yang sangat bersahabat apabila dilihat pada keadaan lingkungan kita. Hal ini dapat terjadi mungkin karena semakin sedikitnya jumlah hewan ini dan kemungkinan tidak terjadi pertumbuhan yang baik sehingga menyebabkan binatang ini hampir mengalami kepunahan.  Namun demikian kita masih dapat menemukan beberapa ekor trenggiling hidup di alam bebas yaitu dalam lingkungan hutan dan ladang kering yang kadang nampak secara tidak sengaja.


Cara hidup yang unik dari dari hewan ini adalah dalam mencari makanan yaitu dengan cara menjilat atau mengambil dengan lidahnya. Dalam hal ini trenggiling akan memakan serangga kecil seperti semut dan rayap yang berada dalam pohon dengan cara mengambil menggunakan lidah yang dapat menjangkau meskipun jaraknya cukup jauh.

Untuk melindungi diri dari hewan lain yang akan memangsa, trenggiling mempunyai lapisan kulit tebal semacam sisik dengan bentuk besar dan menutupi seluruh bagian tubuhnya. Apabila ada bahaya datang maka hewan ini secara unik akan menggulung tubuhnya sendiri sehingga membentuk semacam bola keras yang tidak dapat ditangkap oleh hewan lain. Dengan cara inilah trenggiling melindungi diri dari bahaya luar ketika datang mendekat.

Ciri unik lain dari hewan ini adalah tidak adanya susunan gigi pada sistem pencernaan bagian mulut, namun demikian makanan akan diambil menggunakan lidah sebelum akhirnya ditelan dan masuk kedalam perutnya. Dengan cara inilah hewan tersebut bertahan hidup yang tentunya sangat tidak biasa bagi bangsa binatang pada umumnya apalagi untuk hewan dengan bentuk tubuh cukup besar. Namun memang kalau diamati akan menimbulkan perasaan kagum karena keunikan ini sehingga membedakan trenggiling dengan binatang lainnya. Apabila mengamati lebih jauh maka kemungkinan kita akan menemukan beberapa keunikan lain dari binatang ini yang tidak ditemukan dalam hewan lainnya sehingga menjadikan ciri tersendiri dari trenggiling yang patut kita ketahui.