Ciri Tanda-Tanda Penyakit Tifus atau Tipes Lengkap

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan penyakit tifus. Sebelum membahas menganai gejala dan cara mencegahnya ada baiknya Anda mengatahui informasi mengenai sebenarnya penyakit tifus ini. Penyakit tifus terjadi karena infeksi bakteri Salmonella Typhi yang berasal dari makanan dan minuman tidak steril atau sudah terkontaminasi bakteri tersebut. Pada umumnya proses penyembuhan dari tifus sendiri bisa mencapai 2 hingga 3 minggu tergantung tingkat kekebalan tubuh. Alangkah baiknya jika setiap orang mengetahui Gejala Penyakit Tifus ini sehingga bisa berusaha untuk terhindar dari penyakit ini.

penyakit tifus

Berikut ini beberapa ciri sakit tipes yang patut kita ketahui:

1, Perubahan Pola BAB (Buang Air Besar)
Pada penderita tifus, gejala pertama yang bisa diamati adalah perubahan frekuensi buang air besar seperti gejala diare atau malah kesulitan dalam buang air besar.

2. Mual dan Muntah
Penderita tifus biasanya akan mengalami sakit perut pada bagian sebelah kiri dimana tempat usus 12 jari. Rasa mual dan muntah sering terjadi pada fase awal sakit tipes yang patut kita perhatikan karena mungkin akan berkaitan dengan ciri sakit tipes lainnya.

3. Demam
Keadaan penting selanjutnya yakni badan mengalami demam atau panas tinggi. Dalam beberapa kasus suhu tubuh bisa menjadi sangat tinggi sekitar 40 derajat Celsius dan dalam jangka waktu beberapa hari. Tidak hanya demam saja, penderita akan merasakan sakit kepala, lesu dan terasa lemah.

4. Denyut Nadi Lambat
Kenaikan suhu pada penderita tifus bisa menyebabkan detak jantung semakin lemah, berbeda pada demam biasa yang bisa meningkatkan detak jantung sebesar 10 persen dalam setiap naiknya 1 derajat Celsius. Menurunnya detak jantung karena adanya racun dari kuman tifus.


5. Lidah Berubah Warna Menjadi Putih
Perubahan warna lidah biasa terjadi pada penderita typus. Bagian pinggir pada lidah akan berwarna merah dan di bagian tengah berwarna putih pucat. Setiap menjulurkan lidahnya akan terjadi tremor atau getaran.

6. Sakit Pada Bagian Otot Dada
Otot bagian dada akan terasa sakit dikarenakan kinerja jantung menjadi menurun dan berimbas ke paru-paru. Jika sudah menunjukkan gejala ini sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapat perawatan medis.

7. Pusing atau Sakit Kepala
Demam dan menurunnya detak jantung akan berakibat ke kinerja otak dimana secara perlahan otak kekurangan oksigen dan mengakibatkan sakit kepala atau pusing. Salah satu gejala mungkin akan memberikan kita indikasi pada penyakit yang satu ini perlu mendapatkan tindakan medis secepatnya.

8. Timbul Bercak Ruam
Munculnya bercak ruam seperti luka memar berukuran kecil menandakan fase lanjut dari penyebab awal penyakit ini. Biasanya bercak ruam terjadi di bagian lengan tangan dan kaki, tetapi tidak mengenai wajah.

Setelah membahas mengenai apa saja tanda sakit tipes dan pencegahannya, perlunya pengetahuan mengenai cara pengobatan penyakit ini. Pada umumnya perawatan berkala dari pihak medis sangat diperlukan mengingat proses penyembuhan penyakit ini bisa memakan waktu cukup lama. Jika keadaan ini sudah berjalan dalam fase lanjut atau parah maka waktu untuk penyembuhan pun semakin lama.

Baca juga: Tanda-Tanda Penyakit Kencing Manis Lengkap

Penyakit tifus menyerang organ pencernaan yakni usus 12 jari, maka dari itu asupan nutrisi bisa terganggu dan tidak dipungkiri berat bedan dari penderita akan turun. Saat ini Gejala Penyakit Tifus mulai dipahami tiap masyarakat karena potensi kematian dari penyakit ini sangat besar. rata-rata penderita adalah usia anak-anak hingga dewasa. Untuk mencegah terjadinya kelainan ini hanya dengan menjaga kebersihan makanan dan kebersihan tangan. Usahakan untuk mencuci tangan dan hindari makanan dengan jangka waktu lama atau basi.