Contoh Lembar Pengesahan Halaman Surat atau Laporan


Menyusun laporan memang tidak mudah, kadangkala kita memerlukan contoh lembar pengesahan laporan praktikum atau sebuah karya ilmiah yang memungkinkan persetujuan untuk mendapatkan hal paling bagus sebagai referensi bagi kita yang menginginkan contoh surat pengesahan atau halaman pengesahan yang singkat, mudah dipahami namun tepat digunakan sebagai pelengkap dari laporan yang sedang kita kerjakan. Dalam hal ini bukan mudah menentukan akan seperti apa kerangka dan isi dari sebuah laporan karena dengan melihat dan memikirkan banyaknya kemungkinan yang mendasari laporan yang kita buat akan semakin bagus sehingga yang tadinya terkesan membingungkan lambat laun mulai dapat kita pahami dan kerjakan meskipun itu secara bertahap, dan memakan banyak waktu namun bukan menjadi masalah kalau pada akhirnya laporan dapat selesai seperti jadwal yang telah ditentukan.

Memang pada saat pertama kali dihadapkan pada pekerjaan untuk membuat laporan dari apa yang sudah kita lakukan kadang menjadi sesuatu yang amat berat untuk dilakukan, tidak heran kalau kemudian kita mendapati fenomena umum dimana para siswa yang telah selesai magang atau pkl dan sudah masuk kembali ke sekolah seperti biasa namun masalah menyusun laporan masih belum selesai juga. Sampai Guru kadang merasa lelah mengingatkan siswa untuk segera menyelesaikan laporan secepat mungkin, sehingga hal seperti ini akan menjadi PR tersendiri bagi para siswa untuk lebih giat lagi dalam menggali dan menyusun apa yang sudah menjadi tanggung jawabnya yakni sebuah laporan yang bagus, komplit dan mudah dipahami namun juga ter-struktur dengan baik.

Bagi kalian yang masih bingung, dibawah ini ada satu contoh halaman pengesahan yang baik dan benar. Bisa admin katakan baik dan benar karena laporan ini adalah milik adik sepupu admin sendiri, yang waktu itu dibantu untuk menuliskan menjadi sebuah laporan yang layak digunakan dan memenuhi kriteria, dan ternyata tidak perlu mengulang lagi karena laporan yang dia susun sudah dinyatakan baik dan diterima oleh Bapak Guru.

contoh halaman pengesahan

Dari apa yang disampaikan dalam susunan diatas tentu masih membingungkan karena tulisan tersebut hanya berisi beberapa poin saja, namun tentu kita sudah dapat menggambarkan bagaimana hendaknya menyusun sebuah halaman pengesahan, karena dengan melihat sekilas saja tentu akan mudah memahami bagaimana soal tata letak serta penyusunan paragraf dan kalimat yang tepat sehingga membentuk laporan yang baik dan bagus untuk diajukan kepada yang bersangkutan.

Masih banyak lagi sebenarnya apa dan bagaimana tentang penyusunan sebuah laporan atau bahkan surat resmi sehingga diperlukan ide dan saat yang tepat untuk menentukan susunan laporan itu sendiri dalam setiap tahap, kadang ada kalanya kita perlu mengumpulkan informasi terlebih dahulu sebelum mulai menulis laporan, mencari kajian yang paling lengkap sehingga dapat menjadi pendukung laporan yang akan kita buat. Sampai pada akhirnya tiba untuk melengkapi dan membuat bagaimana bentuk dari laporan tersebut nantinya sehingga dapat memberikan perincian yang jelas dan tetap formal sehingga bisa menggambarkan apa yang hendak kita laporkan baik secara umum maupun cakupan yang lebih sempit sehingga dapat mewakili pendapat kita mengenai sebuah keadaan. Memang akan ada kendala dan sebuah hal yang kadang membuat kita bingung, namun dengan rajin mencari informasi dan berlatih tentu akan menjadikan kita paham apa yang benar dan bagaimana seharusnya membuat sebuah laporan yang utuh dan bisa diterima dengan baik sehingga dapat menyampaikan maksud yang ingin kita utarakan.