Dampak Buruk dan Manfaat Facebook Sebagai Social Media

social media

Facebook atau disingkat FB merupakan salah satu jeraring sosial yang paling merakyat. Hampir semua kalangan memiliki facebook, pria, wanita, dari anak-anak, remaja, dewasa dan bahkan paruh baya pun mempunyai facebook. Hal ini dikarenakan konten-konten dari facebook yang menarik dan juga mudah diakses pada jenis hanphone apa saja. Yang namanya situs jejaring sosial, pasti ada kelebihan dan kekuranngannya, mau tau? Berikut uraiannya.

Kelebihan

1. Memiliki aplikasi yang cukup banyak dan selalu berkembang, sehingga anda tidak akan bosan dengan hal yang begitu-begitu saja.

2. Tampilan facebook yang sederhana, jelas dan mudah dipahami.

3. Terdapat space iklan. Hal ini akan menguntungkan bagi orang-orang yang berwirausaha via online karena mereka dapat berpromosi melalui facebook.

4. Bisa mendapatkan banyak teman. Hanya dengan mengklik “add friend”, anda bisa menambahkan siapa saja sebagai teman anda.

5. Anda bisa menambahkan events yang menurut anda menarik, misalnya photo, video, atau catatan-catatan, karena fasilitas itu juga tersedia difaebook.

6. Memiliki fasilitas tag photo (menandai). Anda bisa menandai siapa saja yang ada dalam photo tersebut. Tidak hanya photo, bahkan video, catatan pun bisa di tandai ke siapa saja yang ingin anda tandai.


7. Terdapat fasilitas chat. Melalui fasilitas ini, anda bisa chatting secara dengan teman yang sedang online langsung dan mengekspresikan perasaan dengan emoticon yang sudah tersedia dengan banyak kategori.

8. Bisa menampilkan informasi pribadi secara lengkap dan benar.

9. Ada juga fasilitas Privacy setting. Dengan fasilitas ini, anda bisa mengatur siapa saja yang bisa mengakses informasi di profile anda, dan siapa saja yang tidak diperbolehkan mengakses.

10. Fasilitas video call yang bisa anda gunakan untuk menelpon orang yang anda inginkan.

11. Terdapat fasilitas game facebook yang sangat banyak yang membuat penggunanya betah.

12. Akses facebook gratis dan dapat diakses kapanpun, dimanapun dan dalam keadaan apapun.

Kekurangan

1. Informasi pribadi yang bisa terlihat oleh public.

2. Fasilitas informasi pribadi yang bisa dipalsu sehingga berpotensi juga untuk melakukan kejahatan/ penipuan. Hal ini sudah sering terjadi dan biasannya pada gadis remaja yang jadi sasarannya.

3. Banyak iklan yang terpasang di facebook terkadang menganggu usernya.

4. Akses facebook yang lambat karena banyaknya apliksai yang ada.

5. Tidak ada batasan untuk upload photo, misalnya photo-photo yang berbau porno juga bisa diupload disini.

6. Orang yang terbukti melakukan pelagiat namun pihak facebook tidak mungkin membanned (menonaktifkan) akun mereka.

7. Facebook seringkali digunakan untuk ajang pelecehan melalui status, komentar, dan lain sebagainya.

8. Siapa saja bisa membuat akun baru dengan nama sesuai yang mereka inginkan, bahkan dengan menggunakan nama-nama selebritis.