Dampak Buruk Terlalu Banyak Membaca


Apakah ada dampak buruk terlalu banyak membaca? Memang membaca atau dalam arti lain belajar sangat baik kalau kita lakukan secara rajin, akan tetapi terlalu banyak membaca kadang membuat kita lupa dengan apa tujuan sebenarnya dari kita membaca. Karena waktu yang dihabiskan untuk membaca tersebut belum tentu akan fokus pada pembahasan yang ada namun cenderung ingin menguasai semua materi membaca sehingga justru tidak akan mudah mendapatkan kemajuan dari hal tersebut sehingga kita harus meluangkan waktu untuk berhenti membaca untuk waktu tertentu.

belajar membaca

Contoh mudahnya adalah yang gamesiana alami sendiri, belakangan ini Bang Sadur sedang belajar sesuatu, karena terlalu banyak membaca akhirnya tujuan utama dari belajar tersebut semakin kabur yaitu lupa akan melakukan hal penting lainnya yaitu praktek.

Membaca memang bagus, namun kalau keterusan membaca tanpa adanya action maka kita juga yang akan rugi. Misalnya kita mempelajari bagaimana membuat sesuatu, karena asik dengan tips-tips yang ada dan ingin tahu labih-labih lagi, akhirnya tidak ada action sama sekali, dan waktu pun terbuang percuma.

Membaca sangat baik kalau di iringi dengan praktek, yaitu melakukan apa yang kita baca. Tidak perlu memahami terlalu banyak, karena hal tersebut akan membuat kita bingung menentukan yang paling baik. Ada kalanya kita hanya perlu memperhatikan beberapa poin penting dalam buku bacaan untuk dapat menarik kesimpulan dari tema tulisan yang kita baca, sehingga akan semakin mudah membedakan mana bahasan yang sekiranya perlu untuk dimengerti dan mana yang tidak harus dikuasai terlebih dahulu.

Dalam hal belajar, setiap orang memang punya teknik masing-masing yang mana untuk menguasai teknik tersebut perlu pemahaman lebih sehingga kita tidak akan bosan meskipun hanya membaca beberapa poin penting saja namun dapat dengan segera menarik kesimpulan dari teman bacaan yang sebenarnya. Misalnya dalam memahami isi dari sebuah buku tebal yang mengandung banyak materi penting, maka akan lebih baik mengambil kerangka topiknya terlebih dahulu sebelum membaca lebih jauh agar kita dapat lebih mudah memahami isi dari buku tersebut.

Setelah dirasa cukup, maka sebaiknya segera take action untuk menerapkan apa yang kita baca dan melihat hasilnya. Nah, itulah sedikit ulasan tentang apa saja dampak negatif atau dampak buruk membaca.