Doa agar Terlepas dari Kesulitan Hidup dan Nasib Sial


Mencari doa agar terlepas dari kesulitan hidup berupa lilitan hutang piutang dan kesulitan materi membawa kita pada keyakinan untuk mencapai tingkatan lebih baik dalam kehidupan kita dimana harus ada perubahan menyeluruh tentang keadaan kita untuk mencapai tujuan hidup ini yang sebenarnya. Memang selalu ada keinginan untuk mencapai tujuan yang lebih baik dari kehidupan kita namun tidak mungkin hal itu akan membawa dampak besar kecuali seseorang menginginkan hal yang sama karena semua memberikan harapan baru bagi masa depan seseorang. Dengan demikian tidak ada salahnya kalau kita memikirkan bagaimana langkah kedepan yang akan membuktikan keadaan baru dalam hidup sehingga semua orang menginginkan hal ini dengan seksama sampai ditemukan kebaikan dari masalah dan keadaan dalam hidup ini nantinya. Tidak ada orang yang punya masalah tersendiri dengan keadaan hidup, namun harus ada jalan keluar untuk suatu masalah sehingga semua hal akan lebih mudah diatasi dengan niat sendiri karena hal ini akan membawa perubahan baru sehingga semua akan terasa berbeda dengan keadaan saat ini apalagi kalau itu adalah tentang kehidupan kita pada nantinya.

tangan dalam gelap

Doa supaya terhindar dari nasib sial yang membelit kita kadang juga merupakan keinginan seseorang untuk dapat melepaskan diri dari keadaan yang akan membuat seseorang merasa tidak ada lagi jalan keluar untuk masalah tersebut sehingga akan lebih baik kalau dapat membuktikan pada diri sendiri mengenai keadaan ini sehingga semua akan berdampak pada keadaan tertentu dari kehidupan kita karena semua itu akan membuat kita merasa lebih baik kalau dapat mencapai tujuan yang memang seharusnya dapat kita bayangkan sebelumnya. Ini akan berdampak pada hilangnya kesempatan untuk hal baru dalam hidup sampai ditemukan keadaan penting dalam hidup yang akan berdampak pada perubahan hidup dimasa depan nanti yang akan berjalan seperti rencana saat ini.

Doa memohon kemudahan dalam segala masalah dan terhindar dari keadaan sulit 

َلاَّلاِإ ِإَلهَ َأنتَ سُبْحَانَكَ ِإنِّي ُ كنتُ مِنَ الظَّالِمِينَ
“Tidak ada Allah selain Kau. Maha Suci Engkau, sungguh aku termasuk orang‐orang yang zholim.” (QS. Al‐Anbiya’: 87).

Membaca doa diatas sangat baik apabila diamalkan dalam setiap kesempatan dalam hidup kita, dibaca dengan tulus dan hanya mengharapkan kemudahan dariNya sehingga apa yang kita lakukan akan terasa lebih tenang serta mendapatkan kemudahan dalam segala tahap pekerjaan dan tugas yang belum selesai. Hal ini akan terasa lebih ringan apabila dapat membuktikan sesuatu dalam hidup layaknya seseorang dengan keinginan kuat untuk mencapai tujuan dalam hidup sehingga semua akan terasa lebih mudah dari sebelumnya.

Doa diatas adalah doa Nabi Yunus sebagai penyesalan atas kelancangannya meninggalkan dakwah. Ia merasa berat menghadapi kaumnya yang membangkang, hingga kemudian ia tinggalkan.

Kita dapat mengambil pelajaran dari keadaan diatas dimana harus ada usaha untuk setiap masalah dalam hidup dan akan memberikan pelajaran tersendiri dalam kehidupan kita. Sehingga kita akan dapat memetik pengalaman dari setiap kesulitan hidup, keadaan hidup yang menimbulkan kesusahan, frustasi dan masalah lain akan membuat kita kehilangan semangat. Kita dapat berdoa dengan baik sehingga semua masalah terasa lebih ringan dan dapat berpikir jernih untuk mencari jalan keluar dari segala kesulitan dan membuat keputusan yang tepat sehingga akan berdampak baik pada kehidupan kita dimasa depan. Dengan demikian akan lebih baik kalau kita memikirkan segalanya dengan baik dan berprasangka baik pada setiap keadaan karena ini akan mempengaruhi langkah kehidupan kita dimasa depan untuk mencapai tujuan hidup yang lebih baik dari sebelumnya.