Doa Ketika Kehilangan Sesuatu Barang Supaya Kembali

Orang seringkali mencari doa ketika kehilangan sesuatu agar cepat ketemu misalnya untuk menangani doa ketika kehilangan barang berharga supaya cepat ditemukan. Adanya barang yang hilang seringkali karena ulah para manusia tidak bertanggung jawab misalnya dicuri maling, untuk hal ini tentu saja selain berdoa juga harus ada upaya langsung untuk menangkap maling tersebut. Ada pula kasus lain misalnya orang kehilangan perhiasan emas yang nilai jualnya sangat mahal, maka tidak heran jika kemudian ingin menemukan kembali perhiasan tersebut secepatnya.

bokek tidak punya uangDalam kejadian tertentu orang juga akan merasa cemas ketika kehilangan dompet dengan isi surat penting namun sangat sulit ditemukan. Ketika hal itu terjadi tidak ada salahnya kalau kemudian kita memutuskan untuk menemukan kembali barang tersebut dengan harapan ketika ada orang lain yang menjumpainya maka akan berbaik hati mengembalikan hak milik yang bukan punya dia. Kalau memang ada etika baik, tentu saja sudah menjadi keharusan bagi kita memberinya imbalan yang pantas untuk niat baiknya tersebut.

Tidak jarang orang memilih untuk pasang iklan dan pengumuman apabila memang sedang kehilangan barang penting, yang mungkin kalau dinilai secara materi tidak begitu banyak namun akan kesulitan ketika harus mengurus kembali barang tersebut. Hal ini sering dikaitkan dengan kartu identitas atau surat kendaraan bermotor yang memang selalu diperlukan dalam setiap kesempatan.


Ketika kita sedang tertimpa musibah dengan kehilangan barang, maka tidak dapat serta merta menyalahkan orang lain atas kejadian tersebut. Karena kejadian itu bisa saja karena kecerobohan kita sendiri dalam mengurus benda yang dimiliki saat ini, tidak hati-hati dalam menyimpan barang sehingga menimbulkan kesempatan baik untuk orang yang punya niat tidak baik. Juga, dalam membawa barang berharga hendaknya tidak dipamerkan begitu saja karena akan mengundang niat kurang baik bagi yang memang punya kemauan.

Berikut doa ketika kehilangan harta benda:
اللّهُمَّ أجِرْنِي فِيْ مُصِيْبَتِيْ وَاخْلُفْنِيْ خَيْرًا مِنْهَا
Artinya: Ya Allah berilah ganjaran atas musibah yang menimpaku ini, dan gantilah dengan yang lebih baik daripadanya..”

Adalah hal yang tidak mudah apabila ternyata barang hilang tersebut tidak dapat kita temukan, dan keinginan untuk membeli barang seperti itu ada namun belum ada uang untuk mendapatkannya. Maka, mau atau tidak kita harus ikhlas dalam menghadapi situasi seperti itu. Meskipun dalam hati terasa berat, memang segala yang terjadi tidak dapat kita kontrol sesuai dengan keinginan. Kalau memang itu belum rezeki kita maka akan hilang dengan sendirinya meskipun kita sudah berusaha mencarinya.

Banyak sekali orang yang kesal karena barang hilang tersebut karena diambil orang lain tanpa izin. Dan kalau memang hal itu menimpa anda, ada baiknya untuk koreksi diri atas sifat lalai yang selama ini kita punya, tujuannya adalah untuk memastikan keadaan tersebut tidak terulang kembali dimasa yang akan datang.