Doa Menghilangkan Kesedihan Hati

Do’a penghilang kesedihan jiwa menjadi begitu penting untuk kita amalkan karena dengan adanya banyak masalah yang timbul maka doa menghilangkan kesedihan hati akan menjadi siraman rohani yang cukup berguna untuk menjernihkan hati sedih karena berbagai masalah, misalnya putus cinta, ditinggal meninggal orang yang kita sayang, atau karena cobaan hidup berturut-turut sehingga menguras rasa semangat yang ada di dalam hati. Apabila saat ini anda sedang mengalami masa sedih yang tak kunjung berakhir maka tidak perlu terus meratapi nasib karena hal penting yang lebih patut kita lakukan adalah berusaha bangkit dan keluar dari kesedihan tersebut.

 

Mungkin kata kata atau kalimat tak akan banyak membantu tatkala hat sedang tidak nyaman, namun tidak perlu bingung karena masih banyak yang dapat kita lakukan untuk membuat hidup ini lebih berarti dan berwarna daripada terus merenungi nasib yang tak berkesudahan. Seiring waktu berjalan maka akan ada obat untuk perasaan terpuruk tersebut, sehingga kita tak lagi merasakan kelu dan perih dalam hati. Tulisan ini adalah kelanjutan dari artikel seputar doa yang mana sebelumnya telah dibahas mengenai doa agar cowok suka sama cewek yang mungkin akan cukup membantu bagi kaum remaja.

Penting juga untuk berdoa dan memohon perlindungan serta pencerahan kepada Allah karena hanya Dia yang Maha Besar untuk melepaskan segala ujian hidup yang di alami oleh manusia. Berikut ini beberapa ayat yang dapat dijadikan sebagai penyejuk ketika hati sedang sedih.

 

Ketika kita merasa susah dan larut dalam kesedihan mendalam, Nabi menganjurkan membaca doa:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ الْعَظِيمُ الْحَلِيمُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ
رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَرَبُّ الْأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ


Laa ilaha ilallaahul ’azhiimul haliimu laa ilaaha ilallahu rabuul ’arsyil ’azhiim, laa ilaaha ilallaahu rabbussamaa waati wa rabbul ardhi wa rabbal arsyil kariim

“Tiada tuhan melinkan Allah Yang Maha Besar lagi Maha penyantun. Tiada tuhan melainkan Allah Pengatur ‘Arsy Besar. Tiada tuhan melainkan Allah Pengatur langit, Pengatur bumi dan Pengatur ‘Arasy mulia.” (H.R. Bukhari-Muslim)

Apabila ada masalah yang tak kunjung terselesaikan misalnya lilitan hutang yang belum mampu kita bayar, maka Nabi menganjurkan untuk membaca doa:

اللهم اكفني بحلالك عن حرامك وأغنني بفضلك عمن سواك

“Ya Allah, cukupilah kebutuhanku dengan yang halal dengan menghindarkan yang haram, dan jadikanlah daku berkecukupan demi kemurahan-Mu daripada selain-Mu” (H.R. Tirmidzy)
اللهم إني أعوذبك من الهم والحزن, و أعوذبك من العجز والكسل,
وأعوذبك من الجبن والبخل وأعوذبك من غلبة الدين وقهر الرجال

Allahumma inni a’uudzubika minal hammi wal hazan, wa a’uudzubika minal ‘ajiz wal kasali, wa a’uudzubika minal jubni wal bukhli wa a’uudzubika min ghalabatid dayni wa qahrir rajali

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa susah dan duka, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat lemah dan malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, serta aku berlindung kepada-Mu dari hutang yang tak terbayar dan dari belenggu orang lain.” (H.R. Abu Umamah dan Abu Sa’id)

 

Banyak hal di dunia ini yang tak mampu kita selesaikan sendiri, sehingga apabila ada masalah yang di rasa cukup berat untuk dipikul sendirian maka bermusyawarah dengan sanak saudara adalah salah satu jalan terbaik untuk menemukan jalan keluar. Mungkin mereka tak dapat membantu secara langsung misalnya dari segi materi, namun usulan dan saran darinya sangat penting bagi kita untuk menentukan keputusan yang tepat di saat-saat kritis tersebut.


No Responses