Doa Sehabis Sholat Tahajud Lengkap


Bagi yang masih belum mengerti dengan amalan doa sehabis sholat tahajud maka berikut ini kita akan bahas secara mendalam mengenai apa saja bacaan doa setelah sholat tahajud dan dzikir yang mungkin berguna bagi anda semua karena dengan memahami lebih jauh mengenai amalan tersebut diharapkan akan memberikan pemahaman kepada agar lebih mudah dalam menjalankan keutamaan dari sholat malam tersebut. Dalam hal ini tidak ada yang lebih mengerti tentang apa dan bagaimana adab berdoa selain kita sendiri yang harus yakin akan kemampuan dalam diri sendiri untuk memulai berdoa dengan khusyuk mengharapkan kemudahan dariNya sehingga apa yang kita lakukan akan mendapatkan imbalan yang pantas sehingga tidak akan menemukan jalan buntu dalam hidup ini. Sebagaimana yang sudah kita mulai dalam hidup untuk memberikan doa dengan baik sehingga semua yang dikerjakan akan terasa lebih ringan dan tidak mudah untuk diberikan kepada orang lain.

gambar orang sholat malam

Dengan niat yang kuat dan keinginan untuk mendapatkan keutamaan dari sholat tahajud maka kita dapat menjalankannya dengan keyakinan diri bahwa akan memperoleh apa yang di inginkan atas izinNya sehingga apa yang dilakukan tidak akan percuma karena sudah berlandaskan pada kehendak dan keinginan kuat untuk mendapatkan hal baik dari apa yang kita lakukan. Dengan demikian akan mudah untuk memperoleh hal tersebut secara terperinci sehingga apa yang kita inginkan akan berjalan dengan semestinya sehingga orang disekitar kita akan mendapatkan kebaikan dari cinta dan kasih sayang yang berlanjut karena dengan demikian akan semakin mengartikan apa yang kita harapkan. Hal ini mungkin tidak sepantasnya dipermasalahkan namun untuk yang masih belum mengerti dengan doa saat menjalankan sholat tahajud maka tidak ada salahnya meyimak ulasan dibawah sebagai pelengkap ketika hendak menjalankan sholat malam dengan khusyuk karena apa yang kita inginkan dengan niat tulus akan mendapatkan jalan terbaik dari sebelumnya asalkan dilakukan dengan kebersihan hati.

 

Berikut bacaan doa yang harus dibaca:

للَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ ‏ ‏وَمُحَمَّدٌ ‏ ‏حَقٌّ اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَوْ لاَ إِلَهَ غَيْرُكَ

Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samaawaati walardhi wa man fiihin,

wa lakal hamdu laka mulkus samaawaati wal ardhi wa man fiihin, wa lakal hamdu nuurus samaawaati wal ardhi,

wa lakal hamdu antal haqqu wa wa’dukal-haqqu wa liqaa’uka haqqun wa qauluka haqqun wal-jannatu haqqun,

wan naaru haqqun, wan-nabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun shallallaahu ‘alaihi wa sallama haqqun,

waass’atu haqqun. Allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakaltu wa ilaika anabtu wa bika khaashamtu,

wa ilaika haakamtu, faghfir lii maa qaddamtu,

wa maa akhkhartu wa maa asrartu,

wa maa a’lantu antal muqaddimu wa antal mu’akhiru la ilaaha illa anta aula ilaaha gairuka wa laa haula quwwata illa billah.

Artinya: “Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Engkaulah penegak langit dan bumi dan alam semesta beserta segala isinya. Bagi-Mulah segala puji, pemancar cahaya langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji, Engakaulah yang haq, dan janji-Mu adalah benar, dan surga adalah haq, dan neraka adalah haq, dan nabi-nabi itu adalah haq, dan Nabi Muhammad adalah benar, dan hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mulah kami berserah diri (bertawakal) kepada Engkau jualah kami kembali, dan kepada-Mulah kami rindu, dan kepada engkaulah kami berhukum. Ampunilah kami atas kesalahan yang sudah kami lakukan dan sebelumnya, baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan ynag terakhir. Tidak ada Tuhan melainkan Engkau Allah Rabbul alamin. Tiada daya upaya melainkan dengan pertolongan Allah.”

 

Kemudian diperbanyak dengan membaca istigfar sebagai berikut:

 

Astagfirullaahal azhim wa atuubu ilaiih

Artinya: “Kami memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung dan kami pun bertaubat kepada-Nya”