3 Kata Kata Wejangan Petuah Jawa Tentang Nasehat Kehidupan


Bercanda bersama keluarga kadang menyisakan banyak pelajaran berharga bagi kita, salah satunya adalah kata kata wejangan tentang kehidupan yang mengingatkan saya akan sosok simbah yang selalu memberikan kata kata petuah Jawa. Semua hal yang ada dalam kehidupan kita akan membuat perasaan semakin tenang karena dengan keadaan tertentu orang akan mulai memiliki perasaan besar untuk membawa sebuah perubahan karena kesenangan akan memberikan keberuntungan dalam kehidupan layaknya seseorang demi keadaan semua hal yang baru saja kita kenal. Untuk orang Jawa memang ada beberapa kata bijak bahasa Jawa yang kalau kita renungi makna dan artinya sangat bagus untuk bekal hidup. Merenungkan semua itu akan membuat kita merasa lebih mudah dalam menyelesaikan setiap masalah yang ada karena hidup ini sederhana kalau tidak kita buat susah, dan kadang semua masalah yang ada adalah karena pemikiran kita sendiri yang cenderung menjadikan sesuatu sebagai beban berat dalam hati padahal tidak ada yang lebih penting selain menyelesaikan setiap beban berat dengan seksama supaya tidak menimbulkan kesulitan kelak di kemudian hari.

kartun orang tua

Dalam obrolan ringan kadang kita memperoleh sebuah manfaat besar mengenai pelajaran bahasa Jawa mengenai tutur kata yang sopan, saling menghormati sesama manusia dan pelajaran dalam bergaul sehingga memberikan kemudahan bagi kita untuk menyesuaikan diri dengan segala keadaan dalam hidup karena sebenarnya tidak ada yang sulit dalam hidup ketika kita mampu membawa semua hal menjadi lebih mudah dalam berbagai keadaan hidup ini.

Berawal dari iseng, saya sering mendengar kalau orang tua lagi ngobrol tentang hitungan hari, weton, atau apa saja yang berkaitan dengan filosofi Jawa. Memang selalu orang Jawa kalau mau berbuat pasti akan sangat berhati-hati dalam mengambil langkah, sehingga diharapkan agar terhindar dari apa yang disebut mara bahaya.

Berikut beberapa kata wejangan dan nasehat Jawa yang diwujudkan kedalam ungkapan maupun peribahasa:

  1. Ono dino ono upo, artinya ada hari ada nasi. Dalam arti lain, dimana kita masih hidup pasti akan selalu membutuhkan makanan, untuk itu dalam hidup harus rajin untuk mencari makan (mencari nafkah).
  2. Sak bejo bejane wong lali isih bejo wong kang eling lan waspodo, artinya seberapa beruntungnya orang yang lupa (lalai) masih beruntung orang yang ingat (selalu waspada).
  3. Wong urip kuwi ora mung sak dermo urip, artinya orang hidup itu tidak hanya sekedar hidup. Dalam arti lain kita dituntut untuk selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk hidup, karena kita hidup di dunia ini tidak hanya kebetulan, namun kita diciptakan oleh Tuhan untuk berbuat yang terbaik dan mencintai sesama.

Demikianlah beberapa kata petuah Jawa tentang hidup yang dapat kalian berikan sebagai kata kata untuk sahabat atau SMS kepada teman. Sebagai orang yang memiliki budaya, agama, dan cinta, kita hendaknya menghargai apa yang ada dalam hidup ini dengan melakukan yang terbaik untuk hidup dan orang orang yang kita cinta.

Kebudayaan pada tiap daerah memang tidak sama, namun dari banyaknya ragam perbedaan tersebut memberikan pelajaran berharga mengenai hidup yang akan membuat setiap orang merasa lebih mudah dalam menjalani kehidupan mereka masing-masing. Sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena kita memiliki pedoman pasti dalam bermasyarakat dan membaur dengan orang banyak sehingga semua hal sulit akan lebih mudah ketika diselesaikan bersama dan saling membantu satu sama lain sehingga hidup ini akan mudah untuk dijalani, akan dapat dinikmati dengan seksama ketika semua orang memahami setiap langkah kehidupan dengan baik.