Kendala Dalam Memasang Bracket Bagasi KLX 150L

Semenjak kedatangan motor KLX 150L dalam keluarga saya memang lebih banyak saya diamkan dirumah, karena penggunaan juga sangat jarang. Selain karena pekerjaan saya memang hanya dirumah saja, masih ada kendaraan lain yang digunakan untuk keperluan sehari-hari sehingga motor penggaruk tanah ini sedikit dicuekin. Namun begitu, bukan berarti saya tidak memperhatikannya karena masih banyak keinginan untuk melakukan modifikasi pada motor ini.

Kemarin, iseng membeli bracket bagasi yang maksudnya untuk memudahkan ketika membawa barang, berhubung jok klx ini tidak dilengkapi dengan bracket bawaan dari kawasaki. Lumayan untuk harga bracket ini saya beli dengan dengan harga 100 ribu via online, karena untuk urusan aksesoris motor trail di daerah saya masih sangat minim.

Bracket tiba dirumah, segera inisiatif saya pasang sendiri. Namun ada kendala, lho kok dudukan tempat baut yang depan tidak sesuai dengan baut jok motor? Kalau mau dipasang, tempat baut tersebut terlihat kurang panjang dan posisinya kurang kedepan. Sepertinya si pembuat bracket ini mengukur dari jok kawasaki KLX150S yang ternyata memiliki banyak perbedaan dari yang seri L.


Akhirnya, bracket saya bawa ke bengkel trail dekat rumah, untuk tujuan dipasangkan sekaligus modifikasi sedikit agar pas. Ternyata di bengkel ini sangat nyaman, orang-orangnya santai dan ramah. Sambil bercanda mereka mengerjakan berbagai modifikasi motor trail, karena memang bengkel tersebut khusus menampung para penggila trail, dan pemiliknya sendiri adalah pentolan komunitas trail di daerah saya.

Singkat cerita, bracket harus di gerinda dan di las ulang untuk menyamakan panjang dudukan dengan baut jok motornya. Ini memakan waktu yang tidak begitu lama, dan setelah proses selesai akhirnya bagasi tersebut dapat terpasang dengan sempurna.

Sampai dirumah, saya kok merasa belum puas karena posisi jok yang terlihat agak miring ke kanan. Akhirnya punya inisiatif untuk membeli kunci-kunci kelengkapan sendiri, dan bongkar pasang pun saya lakukan sambil belajar memperbaiki motor sendiri.

Begini penampakan kalau sudah dipasang bracket:

bracket bagasi klx 150l

Bagi yang ingin memasang bracket pada motornya, perlu diperhatikan bahwa ada bagian-bagian KLX150L yang tidak sama dengan kakaknya yang seri S. Perlu sedikit modifikasi agar bracket dapat terpasang.

Rencana selanjutnya, mau ganting stang model fatbar. Lagi order via online, kalau sudah sampai nanti mau coba dipasang sendiri hehe.