Kisah, Sejarah & Cerita 7 Manusia Harimau Terbaru

Ketika mendengar sejarah 7 manusia harimau rasanya akan mengingatkan kita pada sebuah film lama yang populer pada tahun 80an dengan bintang utama Ray Sahetapy dan El Manik. Pada masa itu memang film kisah 7 manusia harimau ini memberikan nuansa berbeda dari film lain yang umumnya bernuansa cinta atau perjuangan. Terlepas dari cerita manusia harimau tersebut sekarang ini ada salah satu sinetron di RCTI yang bertema hampir sama dan bahkan dengan judul serupa yang menceritakan tentang kehidupan sekelompk anak muda dengan lingkungan khas ramaja yang kental melekat pda jiwa mereka.

7 manusia harimau

Hampir sama dengan sinetron terdahulu yang sudah duluan sukses yaitu Ganteng-Ganteng Serigala, sepertinya alur cerita 7 manusia harimau akan memberikan warna yang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya tersebut. Hal ini dibuktikan dari banyaknya minat pembaca akan sinopsis dan kisah 7 manusia harimau yang banyak dibicarakan lewat jejaring sosial dan internet.

Berikut ini adalah sejarah atau sinopsis film 7 manusia harimau versi asli yang populer di era 80’an:

Sebuah film horor yang berdasarkan sebuah kepercayaan mistik. Gumara (Ray Sahetapy) datang ke desa Kumayan untuk menjadiguru, di samping mencari ayah kandungnya. Sejak kedatangannya di hari pertama, ia sudah menghadapi hal-hal aneh. Bahkan kunjungannya ke Lebai Karat (El Manik) membuat Gumara menghadapi harimau jadi-jadian. Kemudian datanglah Harwati (Anneke Putri), putri Lebai Karat sempat melerai. Tanpa disadari, Gumara memiliki keampuhan sama. Harwati jatuh cinta pada Gumara. Begitu juga muridnya yang terpandai, Pitaloka (Shinta Kartika Dewi).


Kemudian diketahui bahwa Gumara adalah anak haram Lebai Karat. Gumara ingin memutus keampuhan harimau jadian. Enam harimau jadian lainnya tersinggung. Lima dari harimau jadian tersebut kemudian menyerang Gumara yang dibela ayahnya, Lebai Karat. -Wikipeda

Sedangkan untuk cerita terbaru dari serial TV 7 Manusia Harimau yang tayang di RCTI memang jauh berbeda dengan versi asli diatas. Karena kalau dilihat dari latar dan pemeran dalam setiap ceritanya memberikan warna yang berbeda dan jelas ditujukan untuk kalangan yang tidak sama, terutama dari proses pembuatan yang jelas lebih canggih untuk tayangan film saat ini daripada di era 80an dulu.

Bagi anda yang penasaran dengan kelanjutan kisah dan cerita sinetron 7 manusia harimau silakan mengikuti perkembangannya di televisi kesayangan anda karena memang alur cerita dari serial TV ini semakin menarik untuk disimak.

Berikut sinopsis 7 manusia harimau versi sinetron:

Adalah Gumara, seorang pemudah yang berprofesi sebagai guru minta pada untuk dipindah tugaskan ke sebuah daerah terpencil di Bengkulu. Kedatangannya di sebuah kecamatan terpencil yang hampir tidak terpeta di perbatasan Bengkulu dan Jambimerupakan musibah bagi orang lain. Seorang guru SMA yang terbiasa bertugas di kota besar dengan segala kemudahan teknologi yang terbiasa bermain dengan layanan jejaring sosial yang membuat cakrawala pengetahuannya kian meluas, kini harus berhadapan dengan sepi.

Saat di Kecamatan Kayu Lima, ia merasakan udara dan alam yang cocok dengan habitatnya. Menurut neneknya, itu adalah tempat lahir ayahnya yang bernama Peto Alam. Dikarenakan terancam, ibunya bernama Aini beserta neneknya membawanya lari dari Desa Kumayan yang merupakan sebuah desa di Kecamatan Kayu Lima yang selalu diliputi kabut, kabut pegunungan yang sekaligus kabut misteri yang sulit diterima logika. Penduduk desa tetangga Kumayan memberi julukan yang sangat menyeramkan bagi desa itu, yaitu “gudang ilmu hitam”. Di sana bersemayam para manusia yang memiliki ilmu harimau yang sebenarnya untuk menjaga kebun kopi mereka yang luas dari gangguan pencuri yang takut kalau melihat harimau. Ayah dan ibunya adalah keturunan ketiga manusia harimau, dan ia merupakan keturunan keempat. Ia menganggap itu hanyalah mitos belaka. -Wikipedia


Comments
  1. Daniel prabowo

    Saya sangat senang dgan cerita 7 manusia harimau yg paling saya senangi dgan film itu adalah seorang laki2 yg bernama rajolangit ia tdk berputus asa karena ilmu inyi nya tdk ad lg di dlm tubuh rajolangit memang laki2 yg pemberani dan jantan men ia tdk takut sma siapa pun biar ilmu inyi nya tdk ad lg termasuk kirotan yg di dendam dan si kerudung merah yg membuat adik dang rajo menjadi gila karena si kerudung merah mempunyai kekuatan yg sangat sakti atuk lebai karat pun tdk bsa mengalahkan nya atuk lebai karat yg dtng lh anak nya gumara yg menolong ayah nya bru dtng lh harimau tunggal, rajolangit, humbala,gumara puti kelabu ,dan ,hibubu.

    • Lia

      Saya suka peran gumara ,duhh knapa pemeran pitalokanya tempramental yahh…. Coba gumara sama rindu walo siluman rindu baik hati apa di novel aslinya pitaloka tempramental ??

      • ummu bara

        Dalam novel aslinya, tokoh rindu tidak ada, itu hanya tokoh tambahan, tokoh lain juga ada yang dihilangkan, tapi nanti endingnya gumara tetap dengan pitaloka,,

  2. elzha putri

    aku suka peran ammar zoni di 7 manusia harimau, ceritanya aku juga suka dan yang paling aku suka ketika si tudung merah mati karena aku gask suka sama bella sofie, kenapa yaa yg jadi harimau ketujuh bukan si rajulangit aja..

    • afriliana defi

      emangnya siapa sih nama sali pemeran tudung merah,penasran deh ..

  3. tasya septia hadi

    suka sma peran kha ochii aku penggemar setia 7 manusia harimau terlebih lagi vitaloca dalam cerita seruuu bngrtzzz sukses dech

  4. Felisty Rinaldy

    Saya suka dengan ammar zoni yg berperan sebagai rajo langit (lading ganda) di sinetron 7MH
    dia keras kepala, tak pantang menyerah, dan agresif. Cocok peran sama namanya
    SUSKES buat dang Rajo
    Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) Oke.

    • frebia taradiba

      saya suka banget am cerita 7 MH ini.indonesia banget…semua pemain2x say suka terutama kak samuel am kak ammar zoni

  5. Devina Maria

    Saya suka perannya kak samuel(gumara). Soalnya dia baik,sabar,gak sombong dan suka menolong siapa pun. Sukses yah buat film 7 Manusia Harimau.

  6. kelvincostadino

    Aku sangat suka dgn flm 7 manusia harimau…karena menceritakan ttng legenda…
    SUKSES selalu flm 7 manusia harimau

  7. tasya septia hadi

    coba 7 manusia harimau tayang lebieh lama seruuuuu klie ya lebih awal lebih lama

  8. Anitha

    Keren film nya.. Knp karina sama humara adik kakak padahak kl mereka pasangan serasi:(

  9. jevf

    saya sangat suka sinetron manusia harimau yang di tayangkan di rcti itu..
    dan di dalam sinetron 7 manusia harimau itu saya suka penampilan rajo langit,,saya sangat terkesan sekali dengan ekting nya..dan juga penampilan nya…

  10. Aini@

    saya suka sinetron 7 manusia harimau, ceritanya bagus, pemain yang paling saya suka rajolangit perannya sangat oke, kenapa ga rajolangit sama pitaloka aja pemeran utamanya, klo mereka ber2 pasti akan lbih seru lgi

  11. mira aja

    Saya juga penggemar setia 7 manusia harimau, kagum untuk peran gumara dan rajo langit sukses untuk sinetron ini.RCTI OKE.mira aja

  12. haris sambas

    semakin lama episode 7# manusia harimau makin seru yaaaaa…..

  13. echi

    dang rajo tuh keren nian woiii …. senang nian ambo tengok nyo

  14. haris londo

    manteb brow seru banget, sukses selalu brow,,,

  15. Didin

    Seru liat 7MH sampai2Lupa kerjaan apalagi KaLau siLatnya vitaloka uhhh jdi greget gimana gitttoooh seru pa maranya juga asiiik rajo langit asiik limbobo sama humbalang jga seruuu de bes daaah bwt RcTi

  16. eka

    Aku suka bgt sinetron ini,aq mang bukan pngemar sinetron,tp smnjak ad 7mahar gk pernah tinggal,aq pling suka dgn dang rajo langit,gaya bhasa nya bgus,melayu nya kena bgt,gagah,keras n tanguh…sukses slu 7mahar.

  17. fetyparadina

    aq suka 7MH .. suka suka suka
    sm ammar zoni, hmm ganteng binggo .. hidup dang rajo, semangat trz untuk sinetronnya :*

  18. xeni

    Kalo liat Kak mara sama dang rajo…IH gregett!!!
    Saya penggemar 7 manusia harimau lho……..
    Sukses buat 7 manusia harimau.!rcti

    • adrian

      Sukses 7MH rcti the best
      Saya penggemar film ini

  19. habib

    cobo RCTI tayangkan film 7MH yang versi 80 an Rae Sahetapi dan ElMaik

  20. april

    keren dang rajo

  21. iqbal arif

    saya suka seka dekali dengan gumara karena ilmunya melebihi ilmu semua datuk di kumayan diapun bisa mengalahkan kurudung merah dan poyang maut dengan kesaktianya banyak orang yang ingin ilmunya yang sangat tingi

  22. umi dyah

    bagus bgt maksut dan tujuannya,,,menceritakan legenda,,tp masalh percintaannya blm jelas,,,antara gumara dgn siapa,,,?klo dhang rajo keren bgt,,,sdh berani ngungkapin perasaannya sm ratna,,,dia jg jago bgt…di tunggu pak mara jadinya sm sp nanti…

  23. olandio valingga,

    Saya sangat menyukai film 7manusia harimau ,mungkin karna mengangkat nama BENGKULU ,
    Yang paling saya sukai kisah cinta dang RAJO LANGIT dan RATNA ,
    Sukses selalu film 7 manusia harimau,
    RCTI (y)

  24. eli yuliatin

    Sebenarnya saya ġª begitu suka nonton sinetron , tp semenjak ªϑª 7MH saya Jάϑΐ suka ,, apalagi klo liat gumara Șά♏ä rajo langit aduuuuh keren ϐªªªÑgëë놆’

  25. zaini azkataslumin

    sungguh akku sukAk bNgett sama film 7 manusia hArimau. saya harap film 7 manusia harimau tidak segera tammat. krna menurut saya film 7 manusia harimau itu sangatlah berbeda dgan yg lain.
    film 7 manusia Harimau semangat ya akku akan sllu menyaksiakan aksimu….!

  26. nella

    aku suka dengan leon dozan yg berperan sebagai arsya yg berambisi mendapatkan ilmu inyik sampai2 dia mengatakan pd warga dia adlh titisan rajo langit leon keren banget dan pandai memerankan watak arsya

  27. siti aisyah

    saya dan kakak saya sgt menyukai 7 manusia harimau..saya penggemar setia…cerita nya menarik.saya paling suka dang rajo dan gumara tapi sayang tayang nya cuma sebentar.coba 3 jam kalau gx setiap pagi malam film ini trus.pasti seru de..l like 7MH..x: aisyah palembang

  28. tiara jonathan febria

    Saya plink suka dg kx samuel ( gumara ) dan juga kx amar ( rajo langit ) .. the best dech buat 7 mh .. gx zbar nunggu episode2 selanjutnya .. salam dri saya ara dri jambi ..

  29. isfirul mabruri

    maennya kurang lama,coba mainnya 2 jam pasti seru

  30. mmank slona

    Aq pengen kayak pak Gumara yg memiliki ilmu batin dan bisa menyembuh kan penyakit…..

    • popimaharanimercuri

      aku suka sama film 7manusia harimau aku pingin nya pak gumara itu menjadi kekasih karina dan pitaloka yang harus nya menjadi adik pak gumara bukan nya karina dan ratna bersa rajo langit dan lindai abaikan saja di tak pantas untk rajolangit dia pantas nya untk jelata dan arsha juga pantas jika bersama rindu tapi kesal rindu mengapa harus jadi ank nya hang ci da nah sedang kan farah itu kita abaikan saja karna dia sok jual mahal cantikan juga rindu…/…..

  31. farchan fudhola

    tinggal lihat aja sampe ahir banyak protes

  32. aldea bintang aqurius

    Ά̲̣̣̣̥k̶̲̥̅̊υ̲̣̥ sangat suka dgn film 7 manusia harimau , apa lg yg berpeeran sebagai gumara … Coba aja film ɪ̷̜̇̌̋ť̈ΰ tayang lebih lama tambah seru binggouuww

  33. imah

    Sbnernya sy mlez bgtt nntn sinetron.tp smnjak ad 7mh sy gk mau ketigalan nntn sinetronnya.sy pnsaran ma kisah cinta gumara bkal sama sp sc???????????????????smga az ma pitaloka.trz bwt gumara jgn cuex donk ma pitaloka.trz bwt gumara jgn trlalu ksh hrpan donk sma si farah.sbel ihhh,,,,,,kepo bingittt farah itu.

  34. niena

    aku sukaaa banget ama sinetron ini coba tayangnya lebih awal pasti aq pantengin terus deh

  35. Dinda Putri Cahyani

    SeruBanget7MH nggak kalah sama sinetron2 lain..klw aku paling suka sama Pitaloka soalnya sifatnya baik,jago sm pelajaran matematika(kaya aku suka sm pelajaran MTK dan g gampang nyerah..
    Suksesssss# buat 7MH

  36. Samuel Tan

    Saya suka sama Ki Rotan……. Hahahahahaha……..

  37. panglima kumbang

    wah…., saya paling suka ketika dang Rajo langit ucap mantra inye tuh.., “salam dekek…..trus tolong lanjutin donk saya gak hafal…,hehehe

  38. natalia

    7 Manusia harimau bagus dech cerita nya . .sukses terus nya buat para pemain nya

  39. altiremi@yahoo.com

    keren bingitzzz dah….7 manusia harimau

  40. yati

    q suka dang rajo langit,keren banget

  41. ade

    saya suka sama filmnya 7 manusia harimau, terutama gumara, ilmunya begitu hebat di bandingkan ke 6 harimau lainnya. filmnya seru, kalau bisa kisahnya di buat lebih nyata lagi,..

  42. Zulfikar Al Pagucci

    Dang rajo langit alias amar zoni kami rakyat Bengkulu sangat terkesan dengan ekting anda supayo lebih pas lagi ,tolong bahasa Bengkulu nya lebih di kuasai lagi supayo lebih mantap ,sukses selalu untuk amar zoni alias rajo langit anda sangat berbakat untuk jadi salah satuk aktor besar di negri ini salam hangat saya untuk anda dari penggemar berat anda Zufikar Al Pagucci asal Bengkulu Asli.

  43. ela laila ela

    saya suka bgt sm 7mh apalagi dang rajo. tapi saya gak suka sm limbubu. tlg dong pemeran limbubu di ganti artis yg lain, saya enek liat limbubu yg sekarang….

  44. vanessa esteria

    saya sgt suka sm peran dang rajo langit,yg sgt pemberani,tdk tkut apapun..salut buat 7Mh

  45. Anca

    Kalau ambo suko dekek pemeran Medi, apo lagi kalau nyo belago kek arsya..
    Hahahahaha.. Salam dekek penguasa bukit kumayan… Hahaha…

  46. bony fernando

    7 manusia harimau emang oke klu bisa semua pemainya bawain logat bengkulu dech biar lebih seru, rajo langit oke lah..

  47. desi a

    Saya suka nonton 7 harimau,sya ska bgt sama pak gumara dan willy dozan

  48. rosalhiea

    Aduh…dang rajo langit ganteng nian pengen donk foto bareng aq penonton setiamu smg aktingnya lbh bagus lg..sukses bt film 7 manusia harimau.

  49. P.Yos

    Rajo langit ok banget

  50. cherli

    tolong durasi film nya d perpanjang dong.masak nntn bntr udah abis..iklan nya d kurangi.gk asyik bingit..lg seru2 nnt..udh abis film nya

  51. ikoiko

    hmm,,sya sneng ma si dang rajo,,klo dia ngmong tu nyatu baget ma peran dia:-)

  52. ellvyn

    Salam izin rajo langit itu kaya mana sih?
    Suka lupa, tolong sharing yah, yg “salam dengkek dari rajo langit kepada leluhur bukit desa kumayan kecamatan kayu lima, bengkulu” bener ga?

  53. Sabilla New

    Aku pling suka sm Ammar Zoni(rajo langit) & Samuel(gumara) aku penggemar setiamu aku pengen
    Foto bareng sm kk ammar&jg kk Samuel karna akting kalian bagus banget apalagi dang rajo.aku paling’ suka sm dang rajo.salam buat kk Ammar&kk Samuel yah………
    Pokoknya sukses buat 7 manusia harimau:-) salam cinta sabilla lestari

  54. heni nuraeni

    Hai aq penggemar 7 manusia harimau dan aq tidak pernah mau melewati flm”nya sangt seru aq pengen ketemu kalian bisa ga yaaa….???apalagi pa gumara sama rajo langit…..

  55. dadan hamdani

    7 manusia harimau memang menghipnotis setiap penonton, sampai anak saya pun yang masih berumur 5 tahun tak pernah ketinggalan nonton,

  56. will peto alam

    Ambo(saya) sangat suka film 7 manusia harimau..ya sama ama pecinta yg laen..ambo suko bana mancalik si rajo langik samo gumara peto alam…gumara yg tenang..dan rajo langik nan mudah emosian(pamberang).yo lah salam dekek rajo langik

  57. alyasinaga

    7manusia harimau,aku pengen bngt foto samo ndang rajo langit,paling seneng dengan karakter ny dia,apa lagi kaloo lg ngomong cangkaria,hahaha,aku fans setiamu kK ammar(rajo langit..lucu .

  58. efriodito

    kisah 7 manusia harimau bukan berasal dari kumayan

  59. rego plb

    rajo langit aku suka cara kamu bicara “cingkarieak kau kie rotan“mana tawa kau ha. . . . .ha. . . .ha. . . . .ha. . . .“

  60. herman

    ambo sangat senang sama bapak kumara,sudah cerdas,hebat,baik hati pula.
    salam sedek buat seluruh 7 manusia harimau.

  61. Sri

    alhamdulillah cerita rakyat bengkulu di angkat jugau d layar kaca televesi’an….
    tapi sayang’yau bahasa yg digunaukah masih makai b.indonesia,,cuman rajo langit ajau yg bahsa’yau mgunakan bahasa melayu ..
    senang jadi orang bengkulu

  62. hesty akhirulaini

    aq senang banget nonton 7 manusia harimau apa lg klu liat raja langit(ammar zoni )aq senang banget liatnya.boleh donk aq mnt almt febooknya.soalnya klu aq mw ft bareng sama raja langit aq jauh dari kalimantan barat.

  63. ester

    Like 7Mh

  64. ningsihajjah

    slalu pengen liat rajo langit.. Qren abisssss

  65. nancy

    klo aku paling suka sama rajo langit,,,logat bahasanya itu unik dan orangnya lucu banget klo ngomong bikin ketawa,,,sama gumara juga,,,cocok dia sama rindu,,,meskipun anak siluman tapi baik hati dan gak tau sih nantinya gimana,,,,

  66. Shiwi windi

    gak nonton dari awal memang, tp udah langsung tertarik dan gak mau ketinggalan episode2 selanjutnya. Selalu bikin deg2an dan penasaran bgt. Film ini berdampak positif dihidup saya, karna saya jadi selalu pulang kerumah sebelum jam 9. Biasanya saya pulang kerumah jam 10 keatas. hehe
    Kk samuel (gumara) , Kk Ammar (rajo langit) semoga ada keajaiban buatku bisa ketemu kalian

  67. siti

    saya ngefens sama gumara n pitaloka,
    mudah-mudahan gumara n pitaloka bersatu di sinetron trsebut………
    mereka cocok bgt…….

  68. Taring borneo

    Salam dekek,….!! Hahaha

  69. Ary Widya

    hhaaaa….. salam dekek…
    Cuman pingin tau endingnya Si Gumara dan pitaloka bersama ga ya???

  70. tasya anggita ayunda

    klaw ajjjj pengemar 7 manusia harimau bisa ikut maen d sinetron 7 manusia harimau qu pngen bngetzzz

  71. andri

    AKU SIH SUKANYA GUMARA AMA RINDU, SAMA2 PUNYA HATI YANG BAIK.

  72. clara

    semoga sukses gan di self hosting. wish me luck 😀

    • admin

      hehe makasih gan,, sukses selalu untuk agan dalam mengelola blog2nya. yang penting hrs cepat move-on 🙂

  73. salsa

    aku paling suka ma yang jadi pemeran karina, rajo langit, gumara, ratna dan putri sebidang rindu.

  74. susanti

    aku suka banget sma gumara ma rindu kalau jadian cocok tuh!
    sama2 baik.

  75. tika ramadiani

    buat humbalang
    sukses yah boy hamzah saya mau dah pingin istrinya boy hamzah

  76. Ikhlas AL zoni

    Salam dekek ambo rajolangit dari kumayan kayulimo bengkulu,ambo bersumpah demi bumi dan langit samoan dari padolako samoan daripado harimauu…..

  77. agus setiawan

    Salam dekek rajo langit. Pak gumara salut selalu

  78. gifto ramadha

    Enak ya jadi inyek,, kalo ujian bisa ngobrol lewat batin hahaha

  79. Dedi

    Merapi dan laut…..hahaha..salam dengkek bro rajo langit

  80. RintoDarman

    Rajo Langit sangat oke
    lanjutkan bahaso daerahnyo

  81. Rajo masiwan

    Alhamdulillah gara2 senetron 7MH kampung dan suku ambo terkenal …!!!!! tks 7MH..krenn nian…

  82. Mama ibal

    Rindu gumara pasti lebih menarik ceritanya, ga seru kalo ketebak istrinya pitaloka, ga sukaaaa….

  83. burga

    aku tak bisa tidur kalo belum nonton 7manusia harimau wauuuu paling seru apalagi ada kk ganteng benar-benar seru

  84. nengjamilah

    suka sama ka ochi dan pak gumara 🙂

  85. alyn abdullah

    saya paling suka sama pitaloka (ochi rosdiana) dy cantik dan pandai.
    pokoknya sukses deh buat 7 mh.

  86. Novi Lestari

    Sebaiknya gumara suka ama pitaloka bkan rinduuuuu…..

  87. intan anggraini

    semoga pitaloka dan gumara bersatu

  88. Sitty

    Aq pnngemar stia pnonton 7 MH

  89. shinta

    Dibikin kesel liat crt gumara dan pitaloka. Baru saja mrk rujuk lagi. Baru saja ada adegan mesra di tambang knp lg harus dikacau rindu. Lagi2 gumara kecewain pita lagi. Wanita mana yg bs terima pacarnya dekat dgn wanita lain meski hy sebatas nolong?
    Knp juga di pita gak ikuti perasaan dsn kata hatinya. Klu memang cinta dgn gunara knp bisa diprovokasi oleh dasa yg jls2 baru dia kenal? Mks pita apa si?
    Jahat bgt si dasa.. selalu jd provokator pita. Gak mature bgt jd cowoq

  90. cupi

    Mulai males nonton 7mh….karena cerita pitaloka dan gumaranya dibuat bertele2…ada aja cerita yg bikin mereka berpisah….jd bosen nontonnya