Komponen dan Cara Menyusun Proposal Penelitian

Proposal Penelitian

Sudah pernahkah anda menyusun sebuah proposal? Proposal penelitian lebih tepatnya. Yah, proposal penelitian merupakan sebuah rencana atau pengajuan tentang apa yang akan anda lakukan. Proposal penelitian adalah gambaran mendetail tentang proses penelitian yang akan dilakukan oleh si peneliti untuk dapat memecahkan suatu permasalahan. Proposal penelitian ini berisi komponen-komponen penelitian yang secara komprehensi menggambarkan urutan tindakan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan penelitian.

Dibawah ini adalah uraian dari komponen proposal penelitian:

1. Halaman Judul
Halaman judul memuat judul rencana penelitian, logo instansi, nama peneliti dan instansi penelitian.

2. Kata Pengantar
Kata pengantar berisi ucapan puji syukur, ucapan terimakasih, dan kritik serta saran yang membangun.

3. Judul Penelitian
Berisi tulisan judul yang akan diteliti.
Misalnya:
“Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Web untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas X di SMK Negeri 4 Yogyakarta”

4. Latar Belakang Masalah
Berisi tentang informasi yang berkaitan erat dengan masalah yang akan diteliti. Latar belakang masalah juga dapat berisi peristiwa, isu yang memberikan uraian dimunculkannya penelitian.

Contoh Latar Belakang Masalah
Perkembangan zaman dewasa ini sangat pesat, terutama media komunikasi baik itu media elektronik maupun media cetak yang semakin luas sehingga memudahkan manusia untuk mendapatkan informasi. Seiring dengan perkembangan zaman tersebut maka telah dilakukan terobosan baru dan inovasi pada dunia pendidikan. Terobosan ini bertujuan untuk membangkitkan minat belajar siswa, baik di sekolah maupun di rumah. Terobosan itu diantaranya tentang media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Salah satu terobosan itu dintaranya adalah media pembelajaran yang berupa web.

5. Pembatasan Masalah
Berisi tentang masalah penting yang akan dibahas dalam penelitian, sesuai dengan kemampuan peneliti untuk dicari solusinya. Pembatasan masalah berfungsi sebagai pengendali.


6. Rumusan Masalah
Rumusan masalah merupakan salah satu fungsi petunjuk yang memberi arah ke mana peneliti akan melangkah atau mencari data di lapangan dan menganalisis untuk mencari jawaban. Rumusan masalah dibuat dalam bentuk kalimat tanya yang akan dijawab.

Contoh:
Bagaimanakah pembelajaran bahasa Indonesia berbasis web untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas X di SMK Negeri 4 Yogyakarta?

7. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian merupakan akhir yang hendak dicapai oleh peneliti.

Contoh
Menjelaskan sistem pembelajaran bahasa Indonesia berbasis web kepada siswa kelas X di SMK Negeri 4 Yogyakarta.

8. Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian merupakan harapan peneliti terhadap hasil yang dicapai dan kegunaan penelitian baik secara praktis (bagi masyarakat) atau teoritis (ilmu pengetahuan)

Contoh:
Manfaat Teoretis
Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai langkah awal untuk penelitian lebih lanjut demi peningkatan kualitas di bidang pendidikan, khususnya dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dengan berbagai aspek keterampilan berbahasa yang ada di dalamnya.

Manfaat Praktis Bagi Sekolah
Sekolah memperoleh tambahan informasi dalam upaya mengembangkan wawasan dan dapat membantu guru bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia dalam menerapkan media pembelajaran berbasis web

9. Kajian Pustaka
Berisi berbagai macam sumber informasi yang berkaitan dengan erat dengan permasalahan penelitian yang hendak dipecahkan.

Contoh:
Pembelajaran atau instruksional adalah istilah yang menempatkan siswa sebagai sumber dari kegiatan. Selain itu istilah pembelajaran juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang diasumsikan dapat mempermudah siswa mempelajari segala sesuatu lewat berbagai media (Sanjaya, 2007: 68).

Wina Sanjaya (2007: 2 – 3) mengatakan bahwa terdapat beberapa hal yang sangat penting untuk kita kritisi dari konsep pendidikan menurut undang-undang tersebut. Pertama, pendidikan adalah usaha sadar yang terencana, hal ini berarti proses pendidikan di sekolah bukanlah proses yang dilaksanakan secara asal-asalan dan untung-untungan, akan tetapi proses yang bertujuan sehinga segala sesuatu dilakukan guru dan siswa diarahkan pada pencapaian tujuan.

10. Metode Penelitian
Metode penelitian digunakan untuk mengetahui apakah peneliti menguasai permasalahan dan menggunakan asas metode penelitian secara benar. Aspek penelitian terdiri dari tempat dan waktu penelitian, populasi dan sampel, instrumen penelitian, teknik pengambilan data, teknik analisis data (sesuai dengan bidang penelitian masing-masing)


No Responses