Lirik Lagu Gugur Bunga Membuat Hati Semakin Sendu

Sore yang mendung, rintik hujan masih terdengar lirih menerpa atap rumah. Hari ini tidak ada yang istimewa, masih menikmati segelas teh hangat yang sudah mulai dingin. Memang musim hujan masih akan berlanjut beberapa bulan lagi membawa suasana sendu dalam hati, apalagi sedang ada kejadian tertentu yang membuat kita selalu melamun menatap hujan yang tidak kunjung berhenti. Hal seperti ini sudah biasa terjadi apalagi untuk orang yang kurang kerjaan seperti saya, tiap hari hanya nongkrong didepan laptop ditemani istri.

Melihat perkembangan suasana hari ini menjadikan saya teringat akan salah satu lirik lagu yang familiar, terutama dulu sewaktu masih duduk dibangku SD. Biasanya sebelum pulang sekolah, pak guru selalu mengajak siswa menyanyikan lagu tersebut, lagu Gugur Bunga.


Mendengarkan setiap bait lagu ini memang membuat kita terharu, terutama ketika mengingat jasa pada pahlawan yang dengan suka rela berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini. Meskipun kalau menilik jaman sekarang ini, rasanya sudah semakin kabur semangat nasionalisme tersebut. Hal ini terjadi karena generasi muda semakin disibukkan oleh hal lain seperti berbagai perkembangan tekologi yang membuat kita terlena dengan perjuangan sendiri, bahkan dalam hal kecil sekalipun.

Menunggu rintik hujan tak kunjung reda, lebih baik kita simak saja lirik lagu dibawah ini yang mungkin sangat cocok dengan suasana hati anda saat ini, sendu.

Betapa hatiku takkan pilu
Telah gugur pahlawanku
Betapa hatiku takkan sedih
Hamba ditinggal sendiri

Siapakah kini plipur lara
Nan setia dan perwira
Siapakah kini pahlawan hati
Pembela bangsa sejati

Reff :
Telah gugur pahlawanku
Tunai sudah janji bakti
Gugur satu tumbuh sribu
Tanah air jaya sakti