Macam-Macam Arti Tatapan Mata Tajam untuk Pria dan Wanita


Mengetahui macam macam tatapan mata dan artinya memang penting karena dengan sorot mata seseorang kita dapat menafsirkan berbagai macam prasangka, mulai dari arti tatapan mata tajam lelaki sampai pada keinginan wanita untuk tahu lebih banyak mengenai pacar yang dia cintai, meskipun kadang hanya dapat membaca pikiran lewat pandangan mata saja. Namun demikian memang tidak mudah mengetahui apa maksud seseorang dari pandangan matanya karena ada banyak misteri tersembunyi yang kadang tidak kita ketahui termasuk seperti apa sifat orang itu sendiri, sehingga sulit mengenali lebih jauh seseorang dari matanya kecuali kita mulai kenal dekat secara fisik dan sikap. Misalnya rekan kerja yang diam-diam suka sama kita, maka meskipun sebagai seorang perempuan wajib tahu lebih banyak mengenai lelaki yang dekat dengannya sehingga tidak menimbulkan keraguan dalam hati apabila suatu saat hendak menerima cinta darinya.

arti tatapan mata

Kadangkala, lewat tatapan mata seperti ada isyarat tersembunyi yang merupakan ungkapan orang tersebut, secara tidak langsung melalui mata dia sudah mengatakan apa yang ada dalam hatinya sehingga kita dapat menerima dengan seksama semua keadaan apalagi kalau kita pandai membaca situasi termasuk gerak-gerik bahasa tubuh orang tersebut. Dalam hal ini harus ada pengenalan lebih jauh sehingga kita tidak sampai salah menilai, karena penilaian pertama seseorang akan berpengaruh pada pandangan orang tersebut pada kita nantinya.

Berikut penjelasan mengenai beberapa jenis tatapan mata:

  1. Tatapan serius, ini ditandai dengan sorot mata yang terpusat antara kedua mata atau dahi lawan bicaranya. Biasanya akan terliha raut muka orang tersebut bicara dengan gaya bahasa formal dan serius, tatapana mata tajam namun besahabat. Menandakan dia sedang ingin menyampaikan hal yang bersifat formal atau resmi. Ini dapat kita lihat apabila sedang bicara dengan rekan kerja, atasan atau orang yang mempunyai kepentingan bisnis dengan kita.
  2. Tatapan mata berbohong, ini ditandai dengan tatapan yang tidak menentu. Menatap lawan bicara sejenak, kemudian mengalihkan pandangan ke arah lain, misalnya dinding, pintu dan lainnya seakan ingin menghindari pandangan mata kita. Orang yang seperti ini terlihat sedang menyembunyikan sesuatu, atau dia sedang tidak jujur dengan lawan bicaranya sehingga dari gerak tubuh juga kelihatan gelisah.
  3. Tatapan sombong, seseorang yang merasa paling hebat atau sombong secara tidak sadar dapat menunjukkan sikapnya tersebut melalui tatapan mata. Apabila kita sedang bicara dengan seseorang kemudian dia banyak menatap ke atas, seakan akan ingin mengatakan bahwa dirinya adalah yang paling hebat, maka itulah orang sombong yang menganggap lawan bicaranya penting baginya.
  4. Tatapan mesra atau tanda suka, ini dapat menjadi tanda bahwa seseorang yang sedang Anda ajak bicara memiliki ketertarikan dengan Anda. Tandanya adalah sorot mata yang tadinya saling pandang, kemudian menatap hidung, bibir, dan bagian tubuh lainnya dengan tatapan agak kosong, seakan dia sedang melamunkan Anda dalam pikirannya.

Dari beberapa macam tatapan diatas tentu saja perah kita jumpai secara sengaja atau tidak. Karena dalam pembicaraan kadang bahasa tubuh memiliki peranan penting, entah itu dalam kaitannya dengan asmara atau hal lain menyangkut masalah sehari-hari. Maka ada baiknya mulai sekarang kita belajar megenali lebih jauh mengenai hal ini karena mungkin akan dapat berguna dimasa mendatang sedangkan kita memang selalu berurusan dengan orang lain yang kadang perlu untuk mengetahui kemana arah pembicaraan tersebut sebenarnya, atau seperti apa isi orang tersebut yang aslinya.