Manfaat Batu Akik untuk Mengobati Orang Sakit

Semakin banyak orang yang menyukai koleksi cincin akik sehingga membuat harga jual batu alam ini semakin meningkat, meskipun manfaat batu akik itu sendiri masih sebatas untuk sebatas barang koleksi saja, khususnya bagi yang suka akan barang antik dan mencintai batu mulia. Menelisik khasiat batu akik untuk mengobati orang sakit rasanya memang terdengar mustahil karena hanya dengan batu alam biasa tidak mungkin dapat menyembuhkan penyakit, namun tentu kita pernah mendengar cerita unik mengenai hal tersebut.

manfaat batu akik

Para pengrajin batu akik biasanya sengaja membuat batu ini untuk perhiasan sebagai mata cincin atau batu liontin, tanpa memperhitungkan manfaat lain yang mungkin dapat digali dari batuan tersebut. Namun seiring dengan kepercayaan dan mitos yang berkembang di masyarakat, semakin banyak orang menggunakan batu alam tersebut lebih dari sekedar perhiasan biasa.

Diantara mereka ada yang memakai cincin akik untuk tujuan menambah wibawa, menjadikan penampilan semakin menarik dan disegani orang banyak. Ini penting bagi yang setiap hari berkecimpung dengan dunia publik dan selalu bergaul dengan orang lain dimana penampilan adalah modal utama untuk menarik perhatian orang. Akan sangat tertolong apabila tampil dengan cincin akik yang menawan, mencerminkan kesan berwibawa dan punya pengaruh dalam masyarakat, sebagai orang yang bijak dalam mengambil keputusan dan dapat memimpin orang lain. Maka dari itu tidak heran apabila banyak pejabat negara dan para petinggi menggunakan batu akik sebagai pegangan untuk menunjang penampilan mereka karena dengan perhiasan tersebut memang dapat menambah kesan elegan dan memiliki kharisma.


Dibalik pesona batu akik ternyata masih banyak manfaat lain yang belum terlihat dan mungkin akan memberikan banyak pemahaman kepada kita mengenai keunikan batu alam tersebut. Salah satunya adalah menggunakan batu akik untuk pengobatan, seperti apa caranya? Ini berkaitan dengan mitos dan kekuatan spiritual dalam batu tersebut yang dipercaya sebagian batu memang memiliki kekuatan gaib tersebut.

Dengan ritual tertentu yang sudah dipersiapkan maka sebuah batu akik dapat memiliki ‘isi’ berupa kekuatan mistik untuk kegunaan tertentu, seperti untuk pengasihan, perlindungan diri, dan sebagainya. Salah satunya untuk menolong orang lain yang sedang sakit. Diantara penyakit yang dapat disembuhkan oleh tuah batu akik antara lain adalah orang yang terkena bisa serangga dan hewan melata seperti ular.

Salah satu cerita tentang pengobatan menggunakan batu akik adalah ditempat penulis sendiri. Saat itu ada seorang kawan yang disengat kalajengking besar, sampai dia menangis karena tidak dapat menahan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh sengatan tersebut. Kemudian ada seorang teman yang menolong orang tersebut dengan doa-doa dan cincin akik yang dia miliki. Dengan mendekatkan atau menempelkan cincin akik pada bagian tubuh yang disengat kalajengking, maka secara ajaib bisa kalajengking tersebut dapat terserap keluar dan rasa sakit menjadi berkurang. Begitulah salah satu cara menyembuhkan orang sakit dengan bantuan batu akik, yang tentunya juga harus dilandasi dengan doa memohon kesembuhan padNya