Manfaat Internet yang dapat Kita Rasakan

manfaat internet

Internet bukan hal yang asing lagi bagi kita. Hampir setiap hari kita mengakses internet untuk mencari informasi yang kita inginkan. Internet merupakan perpustakaan tanpa buku. Apa saja yang ingin diketahui, kita hanya perlu mencarinya disana. Tak perlu menunggu lama, informasi apapun yang kita butuhkan pasti langsung muncul. Tentunya tak hanya itu manfaat dari internet, penasaran?

Dibawah ini ada beberapa manfaat internet:

1. Dapat menambah Wawasan & Pengetahuan
Seperti yang dikatakan diatas, internet merupakan perpustkaan tanpa buku. Dengan mengakses internet kita bisa mencari informasi mengenai apa saja yang sedang terjadi di seluruh dunia baik mengenai pendidikan, bisnis, hiburan dan lain-lain. Selain itu, di internet sudah jelas ter-update berita terkini sehingga kita tidak akan ketinggalan informasi. Yang perlu diketahui, internet hanya bisa diakses jika ada signal atau provider yang mendukung. Sampai saat ini banyak daerah terutama di pelosok negeri Indonesia yang masih belum bisa mengakses internet.

2. Media Hiburan
Dimana biasanya kalian menonton film? Di bioskop? Atau di televise rumah? Yah, di internet pun bisa. Banyak sekali situs online yang menayangkan berbagai macam hiburan. Misalnya, Youtube yang berisi berbagai macam video, drammafever yang berisi daftar film-film terbaru. Ada juga situs yang meyediakan berbagai jenis game. Semua itu dapat diakses gratis. Perlu diingat, karena bermain game online itu bisa menyebabkan kecanduan, jadi para gamers hendaknya mengurangi waktu untuk bermain game ya!

3. Sarana Silahturahmi
Bersilaturahmi tak harus saling bertatap muka kan? Jika kalian memiliki saudara yang berada di tempat yang sangat jauh, atau kawan lama yang tak pernah saling bertemu, kalian tak perlu risau lagi. Internet menyediakan solusi untuk kalian semua. Banyak sekali jejaring sosial yang bisa kalian gunakan, misalnya facebook, twitter, Skype, email. Melalui situs tersebut kalian bisa saling bersilaturahmi atau berbagi hal-hal seru, seperti momen-momen berharga yang bisa diabadikan dalam bentuk foto kemudian kalian upload dan siapa saja bisa melihatnya.


4. Sumber Informasi
berbagai macam informasi bisa kita dapatkan di internet. Misalnya di Google, ketikan saja kata kunci mengenai informasi yang akan dicari pada mesin pencari lalu tekan enter, maka jawaban sudah tersedia. Meskipun ada banyak jawaban, tetapi tidak semuanya sesuai dengan apa yang kita ingingkan. Yang terpenting adalah kita bisa menyaring semua jawaban itu menjadi jawaban yang benar dan valid. Dan mungkin tidak semua informasi ada disana, hal ini tergantung pada postingan yang ada di Google itu sendiri.

5. Sebagai Sarana Dakwah & Tempat Saling Bertukar Ilmu
Berdakwah pun tak harus selalu diatas mimbar dan disaksikan banyak jamaah. Kali ini berdakwah juga bisa melalui dunia maya. Ada banyak cara yang dilakukan, msialnya menuliskan apa yang ingin didakwahkan menjadi sebuah artikel ataupun karya ilmiah lalu di upload ke suatu situs. Bisa juga melalui video. Selain untuk berdakwah, ada juga forum diskusi yang mengijinkan siapa saja untuk bergabung sehingga mereka bisa saling berbagi ilmu ataupun bertukar pikiran.

6. Menghasilkan Uang
Selama ini yang kita tahu kita hanya bisa menggunakan internet untuk mencari informasi dan hiburan saja. Padahal tidak, dengan internet pun kita bisa menghasilkan uang. Banyak sekali orang yang mengeluh dengan jam kerja mereka karena harus bekerja dari pagi hingga petang. Para pekerja itu harus rela meninggalkan keluarganya demi mencari uang untuk mencukupi kebuatuhannya. Nah, sekarang tak perlu lagi meninggalkan keluarga. Kalian bisa membuka usaha online. Misalnya, toko baju online, elektronik, kuliner atau apa saja bisa anda lakukan disini. Atau juga sebagai penulis, periklanan melalui web dan masih banyak lagi. Dan yang paling penting jam kerjanya pun tidak ditentukan karena itu tergantung kita sendiri yang menjalankannya.

7. Sebagai Sumber Pelajaran tambahan diluar pelajaran di Sekolah
Ada banyak hal yang harus dipelajari di sekolah dan tidak mungkin guru menjelaskannya satu per satu secara terperinci. Guru hanya perlu menjelaskan intinya dan memberikan contoh, selebihnya para siswa harus mempelajarinya sendiri. Dan yang banyak dikeluhkan para siswa adalah, mereka tidak paham mengenai yang guru jelaskan di sekolah. Nah, disinialh manfaat internet. Para siswa bisa mencari berbabagi sumber mengenai materi yang tidak mereka pahami.