Manfaat Jengkol dan Pete Serta Beda Keduanya

Bagi anda yang menyukai kedua jenis tanaman ini tentu sudah tidak asing lagi dengan manfaat pete dan jengkol yang sama-sama memiliki aroma khas. Kadang untu mencari apa beda jengkol dan pete kita harus membandingkan keduanya, karena memang dari segi karakteristik keduanya terlihat sama meskipun ada beberapa perbedaan mendasar. Untuk menghilangkan rasa penasaran mari kita ulas bersama khasiat pete dan jengkol dari sisi orang awam seperti penulis ini dan bagaimana sebenarnya ciri khusus jengkol maupun pete yang dapat kita ketahui untuk membedakan keduanya.

Kalau diperhatikan secara umum dari kacamata orang kebanyakan seperti saya, maka antara keduanya memang mempunyai perbedaan dari sisi bentuk. Jengkol memiliki bentuk yang lebih besar ketimbang pete, dengan warna kulit yang kehitaman apabila sudah tua dan biasanya dijual dengan kondisi sudah dikupas dari kulitnya.

Dilihat dari segi harga, jengkol lebih terjangkau dan biasanya digunakan utuk makanan sehari-hari terutama yang menyukai hidangan menu jengkol. Paling sedap adalah dibuat semur, yang rasanya memang enak seperti daging dan tidak menimbulkan bau apabila sudah dimasak.

jengkol pete


Sedangkan buah pete memiliki ukuran yang lebih kecil dengan struktur memanjang apabila belum dikupas. Mempunyai kulit buah dengan warna hijau terang dan lapisan yang berwarna putih agak tebal. Apabila buah tanaman pete ini masih mentah maka akan menimbulkan aroma menyengat dan seringkali tidak disukai orang karena menebarkan bau khas tersebut.

Pete cukup populer dimasak sebagai campuran sayur, nasi goreng, dan juga digunakan sebagai lalap atau ulam pelengkap sambal yang memiliki rasa khas dan digemari banyak orang.

Efek samping dari mengkonsumsi pete dan jengkol adalah aroma yang khas dari mulut sehingga sering dihindari oleh orang-orang. Ketika habis makan sayur pete atau jengkol maka bau mulut kita akan menyengat dan air kencing pun menimbulkan bau khas dari kedua sayur tersebut.

Karena alasan bau yang tidak sedap itulah maka kadangkala orang menghindari sayur yang dicampur dengan pete karena akan menularkan aroma tidak sedap tersebut. Namun bagi yang menyukai tanaman tersebut akan mengabaikan baunya dan dengan enaknya akan mengkonsumsi pete maupun jengkol.

Sekilas mari kita lihat khasiat pete dan jengkol dari sisi kesehatan. Keduanya sangat bagus sebagai sumber serat yang membantu melancarkan percernaan dan memudahkan buang air besar. Dan manfaat lain adalah kandungan yang ada didalamnya mampu memberikan kegunaan yang besar demi menjaga kesehatan badan. Dalam hal ini tidak akan kita bahas lebih lanjut karena memang kita hanya melihat dari sisi orang awam dalam menguraikan topik kali ini.