Manfaat Memberikan Maaf Kepada Orang Lain

Memberikan maaf kepada orang lain kadang merupakan hal yang berat untuk dilakukan, padahal banyak manfaat yang kita dapatkan dari apa yang kita lakukan dengan sangat sederhana yaitu memaafkan kesalahan orang lain. Sebuah peristiwa hebat kadang meninggalkan bekas atau luka yang mendalam didalam hati, itu juga sebab mengapa banyak orang mengalami guncangan hebat dalam hidupnya, yang sampai kelak dikemudian hari luka itu tak akan mudah hilang oleh waktu.

Seperti apa yang pernah saya tulis dalam blog gamesiana.com ini., saya pun pernah mengalami hal serupa, dan rasanya memang sangat sukar untuk memaafkan apa yang menjadi kesalahan orang, yang terlanjur melukai hati kita.


Namun ternyata beban yang lebih berat adalah ketika kita masih memendam dendam dan tidak memaafkan, justru itu terasa amat menyiksa dan dapat menjadi trauma berkepanjangan.

Jadi, untuk memaafkan orang lain hanya kita perlukan satu sikap ikhas, bahwa apa yang pernah terjadi memang suatu khilaf yang mungkin kita juga pernah melakukannya. Dan dengan demikian, akan terasa lebih ringan dan kita juga tidak akan punya musuh atau orang yang kita benci. Itulah salah satu manfaat apabila kita memberi maaf kepada orang lain, yang mungkin suatu saat kita juga akan meminta maaf atas kesalahan yang kita lakukan.