Manfaat Menjemur Kasur dan Bantal

Kebiasaan menjemur kasur ini kerap kita temukan di daerah pedesaan yang dilakukan oleh para ibu rumah tangga. Ada yang bilang kalau menjemur bantal dan katil (kasur) dapat membahayakan kesehatan, hal ini mungkin ada benarnya namun tidak perlu terlalu khawatir karena disini akan kita bahas tentang kegunaan dan apa hal buruk yang mungkin terjadi apabila kita meletakkan kasur dibawah terik matahari.

Manfaat Menjemur Kasur dan Bantal

Diantara manfaat yang dapat kita rasakan apabila menjemur kasur dan bantal adalah hilangnya bau apek atau bau tak sedap yagn timbul akibat keringat, debu, dan udara lembab didalam ruangan yang bercampur jadi satu. Dengan menjemurnya dibawah sinar matahari maka bau tersebut dapat hilang, dan juga kasur akan kembali menjadi lembut tanpa adanya bau apek.


Selain itu, tentu anda tahu apa itu tungau dan ngengat. Hewan ini amat gemar dirada disela-sela kasur, bantal, dan tikar. Apabila didaerah tersebut ditinggali tungau, maka akan dapat mengganggu kita pada waktu tidur yaitu rasa gatal dan tidak nyaman. Karena kasur terkena panas matahari maka tungau-tungau tersebut akan keluar dan kita dapat menghilangkannya. Sehingga pada saat tidur malam pun tidak akan khawatir lagi akan gangguan dari binatang yang tidak diharapkan tersebut.

Kebiasaan menjemur bantal ini memang sudah ada semenjak zaman dahulu, dimana kalau matahari sedang bersinar dengan baik maka menyempatkan diri untuk mengeluarkan kasur dan bantal adalah sangat bagus. Mungkin anda tidak mengira kalau hal tersebut aka berguna, namun cobalah karena kasur yang sudah lepek atau lengket apabila dijemur maka akan kembali melar dan enak untuk dibuat tidur.

Lantas adakah hal negatif yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan menjemur bantal ini? Seperti yang kita bahas di awal tulisan ini, memang ada efek yang tidak kita inginkan dari hal tersebut. Apakah efek tersebut? Yang dapat kita rasakan apabila kasur habis dijemur adalah sensai ‘panas’ apabila digunakan untuk tidur. Hal ini sebenarnya bukanlah hal buruk, karena kalau kita tinggal di daerah dengan suhu dingin maka justru akan sangat bagus, kasur yang habis dijemur akan memberikan sensasi hangat pada saat digunakan.