Mitos Lengkap Arti Bunyi Tokek Ganjil 6, 7, 13 Kali di Malam Hari


Ketika mendengar suara tokek berbunyi rasanya sangat lumrah terjadi dalam lingkungan sekitar kita, hal ini menegaskan bahwa arti bunyi tokek 6 kali atau 7 sampai dengan 13 kali tidak memberikan makna apa-apa, setidaknya orang akan mengira bahwa itu adalah hal wajar yang tidak perlu dicari tahu kebaikannya. Namun demikian ada saja orang yang masih penasaran dengan mitos bunyi tokek di malam hari yang menandakan adanya sesuatu akan terjadi, hal ini lama sekali berkembang dalam masyarakat kita menciptakan suatu pandangan tersendiri apalagi kalau tokek berbunyi di dalam rumah merupakan pertanda buruk bahwa hal tidak di inginkan akan terjadi dalam rumah tersebut. Perkiraan seperti ini memang tidak perlu kita perdebatkan karena akan menciptakan banyak keraguan dalam hati seseorang sampai akhirnya orang mengetahui yang sebenarnya mengenai apa saja pendapat setiap orang mengenai hal itu sedangkan masih banyak keraguan dalam hati mengenai apa yang sebenarnya terkandung dalam sebuah mitos dan kaitannya dengan kehidupan manusia pada umumnya.

tokek raksasa

Seorang kawan pernah bertanya, kenapa tokek selalu berbunyi ganjil dan jarang sekali mengeluarkan suara dalam hitungan ‘tokek’ dengan jumlah genap? Ini sebenarnya tidak dapat dipastikan karena kita tidak tahu apakah hal itu merupakan suatu kebetulan atau karena memang ciri khusus tokek mempunyai karakter mengeluarkan suara ganjil sebagai isyarat pada tokek lain di sekitarnya. Kalau meneliti ini lebih jauh tentu memerlukan banyak waktu dan pengetahuan untuk dapat menarik suatu kesimpulan mengenai suara tokek dan kaitannya dengan lingkungan, hewan lain dan alam sekitar yang tentunya memerlukan penelitian yang tidak sebentar sehingga kita dapat mendengar dengan seksama semua hal tersebut tanpa memikirkan apalagi selain semua pendapat orang mengenai keadaan baru yang mungkin terjadi dalam kehidupan kita.

Kalau berbicara tentang tokek, hewan ini merupakan jenis reptil yang masuk dalam golongan cecak besar, ini karena ukuran tubuh tokek lebih besar dari hewan cecak pada umumnya namun secara umum memiliki ciri yang tidak jauh berbeda dengan cecak tersebut. Sedangkan nama ilmiah tokek adalah Gekko gecko.

Dilihat dari warna tubuhnya, tokek memiliki warna yang lebih mencolok daripada cicak, pada umumnya terdapat semacam bintil-bintil terang pada tokek yang sangat kontras dengan warna latar daru tubuhnya. Hal ini menjadikan tokek mudah dilihat dan dikenali sehingga akan mudah bagi kita mengetahui keberadaan tokek selain dari bunyi yang dikeluarkannya. Ukuran tubuh tokek muda lebih kecil dengan kepala sudah terlihat besar, sedangkan ketika pertumbuhan sudah mulai terlihat maka tokek semakin aktif dan ukuran akan berkembang sampai beberapa kali, hal ini menunjukkan perkembangan pesat sehingga akan menjadikan tokek semakin besar dan mudah untuk kita ketahui keberadaannya.

Berbicara tentang mitos kaitannya dengan bunyi tokek, kali ini akan kita bahas mitos yang berkembang di masyarakat Bali mengenai arti suara tokek dan kaitannya dengan nasib kehidupan manusia.

Berikut penjelasannya:

  • 01X SIDA KARYA. Sukses dalam pekerjaan.
  • 02X NEMU ASIH. Saling mengasihi.
  • 03X SUWUNG KEPANGIH. Sepi didapat.
  • 04X MENEMUREDUT. Bertemu dengan kesusahan.
  • 05X SANGGIH SUKA. Bertemu dengan kebahagiaan.
  • 06X SENGKALA GERING. Malapetaka.
  • 07X NEMU AYU. Mendapat kebaikan.
  • 08X ALA GERING. Mendapat keburukan.
  • 09X SENGSARA BARA. Sengsara membara.
  • 10X WIRYAGUNA. Menjadi sangat berguna.
  • 11X KIRANG SEKAYA. Kurang harta.
  • 12X MEWEH KEPANGGIH. Bertemu kesusahan.
  • 13X LABA BHUKTI. Mendapatkan keuntungan.
  • 14X SETATA UYUT. Selalu ribut.
  • 15X ALA DAHAT. Buruk sekali.

Jangan lupa membaca: Arti bunyi kentongan lengkap dengan penjelasannya

Dari penjelasan diatas terlihat bahwa setiap jumlah bunyi tokek mengandung makna tersendiri, mulai dari pertanda baik sampai dengan isyarat buruk yang mungkin akan membuat kita cemas apabila mendengarnya. Mulai dari jumlah bunyi satu kali sampai dengan lima belas kali memiliki arti yang berbeda, meskipun yang sering kita dengar umumnya tokek mengeluarkan bunyi sebanyak 6-13 kali.