Pengertian Dan Contoh Binatang Halal Haram

Mengetahui contoh binatang halal adalah kewajiban bagi umat Islam untuk tetap menjaga konsumsi makanan yang tidak boleh dimakan karena mengandung unsur larangan dalam agama. Namun selain pemeluk agama Islam juga tidak ada salahnya mengetahui apa contoh binatang haram supaya dapat membedakan kedua jenis binatang tersebut. Pengertian binatang halal adalah jenis-jenis hewan atau binatang yang diperbolehkan untuk dikonsumsi atau diolah menjadi makanan oleh umat Islam. Binatang halal ada banyak sekali, umumnya binatang ternak seperti lembu, kambing, dan ayam. Sedangkan binatang haram adalah macam binatang yang dilarang atau tidak diperbolehkan untuk dimakan olah umat muslim.

Alasan kenapa binatang tersebut diharamkan tentu ada sebabnya, dan ini mungkin akan lebih tepat kalau yang menjelaskan adalah orang yang ahli dibidang agama, sedangkan gamesiana hanya akan membahas secara singkat saja. Yang lebih ditekankan disini adalah informasi tentang kedua macam binatang tersebut yang mungkin belum semua dapat membadakannya, dan bertujuan untuk saling berbagi pengetahuan untuk kita semua agar memudahkan ketika mencari referensi terkait binatang tersebut.

Adapun contoh-contoh dari kedua jenis binatang hala maupun haram ada banyak sekali, secara umum mari kita lihat apa saja binatang yang termasuk dalam kategori hala dan haram tersebut.

Contoh binatang halal:


  1. Binatang ternak
  2. Binatang unggas
  3. Semua jenis binatang laut kecuali yang beracun dab berbahaya
  4. Binatang kelinci
  5. Bangkai belalang dan ikan

Contoh binatang haram:

  1. Babi dan bangkai selain bangkai ikan dan belalang, serta binatang yang disembelih untuk sesuatu selain Allah SWT
  2. Binatang yang kotor dan menjijikkan
  3. Binatang yang hidup didua alam
  4. Binatang bertaring dan buas

Dari penjelasan diatas dapat kita lihat tentang perbedaan binatang halal dan haram menurut jenisnya, karena memang kedua macam hewan tersebut ada disekitar kita namun tidak sembarang boleh memakannya apalagi bagi umat muslim. Seperti itulah tadi beberapa contoh binatang halal maupun haram, mungkin masih banyak kekurangan dan kekeliruan dalam bang sadur menjelaskan makna singkat tentang halal dan haram diatas, selebihnya silahkan disempurnakan sendiri.

Dengan adanya tulisan diatas semoga memberikan pemahaman tersendiri bagi anda yang sedang memerlukan informasi terkait, sedangkan untuk tulisan lainnya yang harus anda simak adalah penjelasan menarik mengenai topik berikut:

  1. Bagian-bagian rem tromol
  2. Cara menyusun proposal penelitian