Beberapa Penyebab Wajah Berminyak dan Cara Mengatasinya

penyebab wajah berminyakBanyak orang merasa risih dengan wajah yang berminyak sehingga menyebabkan kesan mengkilat dan tentunya ini adalah suatu nilai minus dimata wanita, karena perawatan yang baik harus memperhatikan kandungan minyak diwajah supaya tidak terlalu tinggi sehinga muka akan tetap tampil cantik meskipun tanpa make-up. Penyebab wajah berminyak pada dasarnya dipicu oleh produksi minyak pada wajah secara berlebihan.Kulit memproduksi minyak alami yang berfungsi untuk melindungi kulit dari segala bahaya luar seperti debu dan polusi yang masuk ke dalam pori-pori. Tapi, jika minyak pada kulit berlebihan akan menjadikan timbulnya masalah kulit seperti jerawat dan lain-lain.

Berikut ini ada beberapa penyebab wajah berminyak dan cara mengatasinya:
Penyebab Wajah Berminyak
1. Genetik
Wajah berminyak bisa disebabkan karena faktor genetik.Jika orang tua anda mempunyai wajah yang berminyak, itu berarti masalah wajah berminyak anda disebabkan kerana faktor genetik atau keturunan.

2. Pola hidup
Pola hidup yang buruk juga bisa menjadi salah satu penyebab wajah berminyak. Kebiasaan jarang berolahraga, mengkonsumsi obat-obatan dah juga alkohol akan membuat kulit wajah anda menjadi berminyak.

3. Kosmetik
Penggunaan kosmetik untuk perawatan kulit juga bisa menjadi penyebab wajah berminyak.Oleh karena itu perhatikan dengan baik kandungan yang ada di dalam produk perawatan tersebut sebelum membelinya.

4. Pergantian musim
Pergantian musim menyebabkan suhu tidak stabil.Meningkatnya suhu akan membuat kulit memproduksi minyak lebih banyak. Walaupun terjadi secara rutin, tapi efeknya tidak akan lama dan juga mudah untuk diatasi.

5. Stress
Tubuh akan menghasilkan minyak lebih banyak di saat sedang stress. Sebisa mungkin hindari stress. Di saat stress wajah anda akan terlihat lebih berkilau.
6. Alat kecantikan
Penyebab wajah berminyak tidak hanya disebabkan oleh produk kecantikan yang anda gunakan.Tapi juga bisa disebabkan oleh alat kecantikan yang anda gunakan.Misalnya penggunaan saput bedak dan lain-lain.Jaga kebersihan alat-alat kecantikan yang anda gunakan.


7. Tanning
Tanning merupakan proses pewarnaan kulit. Tanning mempunyai efek buruk bagi produksi minyak pada kulit. Memang kulit akan menjadi kering setelah proses tanning selesai. Tapi lama-kelamaan akan mengeluarkan minyak secara berlebihan

8. Aktifitas di luar ruangan
Aktifitas yang dilakukan di luar ruangan akan membuat kulit wajah mudah terkena polusi udara dan debu. Debu dan juga polusi udara akan menjadikan kulit menjadi kotor dan kusam. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab wajah berminyak.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak:
1. Mencuci Muka Secara Rutin
Menjaga kebersihan muka sangat penting dilakukan untuk mengatasi wajah berminyak.Cuci muka dengan menggunakan sabun sebanyak 2 kali dalam sehari. Jangan terlalu banyak karena justru akan membuat kulit menjadi kering.

2. Masker Mentimun
Mentimun bisa digunakan untuk membantu menyerap minyak pada kulit.Gunakan mentimun sebagai masker dengan menghaluskan mentimun, kemudian oleskan ke wajah secara merata.

3. Masker Daun Seledri
Daun seledri sangat efektif digunakan untuk mengurangi minyak berlebih di wajah.Caranya hampir sama dengan menggunakan masker mentimun.

4. Masker Jeruk Nipis
Jeruk nipis banyak mengandung vitamin C, sehingga akan membantu mengurangi minyak berlebih di wajah. Caranya: belah jeruk nipis menjadi dua bagian. Oleskan daging buah jeruk nipis ke kulit secara merata.Diamkan sampai mengering baru dibilas menggunakan air bersih.

5. Minum Air Putih
Selain melakukan perawatan dari luar, cara mengatasi wajah berminyak juga bisa dilakukan dari dalam. Yaitu dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter setiap harinya.

6. Masker Putih Telur
Caranya:
• Pecahkan telur
• Pisahkan putihnya
• Campurkan sedikit garam
• Oleskan secara merata di wajah
• Biarkan mengering
• Bersihkan menggunakan air hangat

Semoga informasi tentang diatas dapat membantu bagi anda yang sedang ingin tahu lebih banyak tentang informasi terkait kecantikan dan tips tampil menarik sehingga memberikan banyak pengetahuan bagi kita khususnya yang ingin tampil beda dengan perawatan alami dari wajah anda.