Pring Pethuk, Bambu Langka yang Membawa Hoki

pring pethukBukan hal baru lagi ketika masyarakat kita mengagumi hal-hal yang berkaitan dengan benda bertuah dan memiliki kekuatan ghaib seperti ‘pring pethuk’ ini. Sebenarnya kalau dilihat sekilas bambu ini sama saja dengan jenis bambu lainnya, hanya saja hal yang membedakan adalah pada ruas bambu tersebut. Kalau pada bambu biasa memiliki ruas yang tumbuh keatas dan semua ruasnya akan tumbuh mengarah ke atas. Namun pada bambu petuk ini ada sepasang ruas yang saling berhadapan, bisa dikatakan bahwa tumbuhan ini mengalami kelainan genetik sehingga berbeda dari bambu yang lain.

Karena alasan inilah banyak orang memburunya untuk dikoleksi, dan ada yang percaya kalau bambu ini membawa keberuntungan yaitu mampu menjadikan pemiliknya kaya raya. Setengah orang akan percaya kalau bambu yang terlihat ganjil ini memiliki tuah sehingga akan membawa nasib baik bagi siapa saja yang berhasil mendapatkannya. Tak heran kalau kita sering mendengar adanya tawaran untuk siapa saja yang dapat menemukan pring pethuk maka akan dibeli dengan harga yang cukup mahal.


 

Namun benarkah mereka yang mencari bambu ini menginginkan tuah atau kekuatan gaib dari bambu tersebut seperti mitos yang berkembang di masyarakat? Untuk membuktikan hal tersebut memang agak sulit, karena umumnya orang yang mau membayar mahal untuk satu ruas bambu tentu dia sudah kaya raya karena memiliki banyak uang untuk membelinya. Lantas mengapa masih ingin memiliki bambu yang belum pasti akan membuatnya tambah kaya?

Usut punya usut ternyata memang ada yang istimewa dengan bambu ketemu ruas ini, bukan karena adanya energi mistis yang kuat atau memiliki kekuatan tertentu. Namun kebanyakan orang kaya yang ingin mendapatkan bambu ini adalah karena memenuhi kepentingan bisnis mereka.

Dipercaya, bambu dengan kelainan genetik tersebut akan menyebarkan bau anyir yang cukup kuat, sehingga akan menarik burung walet untuk datang karena aroma khas tersebut. Dari situlah maka mereka yang memburu pring pethuk mempunyai tujuan untuk menjadikan bambu tersebut sebagai umpan atau bibit bagi peternakan burung walet supaya banyak burung yang berdatangan dan kerasan berada di sangkar mereka karena adanya bau amis tersebut. Tak heran bila pemburu pring pethuk ini kebanyakan adalah orang kaya, karena mereka menginginkan bisnis berkembang dengan adanya hoki dari bambu tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang pring pethuk yang ternyata mempunyai keunikan tersendiri yang tidak ada kaitannya dengan mitos akan kekuatan ghaib atau hal aneh lainnya. Tidak seperti mantra kirim mimpi yang sudah pernah kita bahas sebelumnya, maka bambu ini memang tumbuh dari kelainan genetik yang unik dan tidak sama dengan tumbuhan bambu pada umumnya.


No Responses