Tanda dan Ciri Ciri Penyakit Gagal Ginjal Lengkap


Ginjal merupakan bagian organ dalam yang sangat penting juga. Dari ginjal yang sehat, kita bisa mendapatkan badan yang sehat juga. Karena ginjal berfungsi sebagai penyaring racun yang masuk ke dalam tubuh dan berfungsi juga sebagai pengolah darah menjadi zat-zat yang berguna bagi tubuh. namun apa yang terjadi jika ginjal kita tidak berfungsi dengan baik? Atau bahkan tidak berfungsi? Bagaimana tanda-tanda sakit gagal ginjal ini? Tubuh kita akan kehilangan keseimbangan. Zat-zat yang seharusnya membuat tubuh kita bekerja normal menjadi hilang ataupun tidak menjadi apa-apa karena belum di olah.

gagal ginjal

Gagal ginjal adalah penyakit yang terjadi karena berkurangnya fungsi ginjal. Bahkan pada beberapa kasus, ginjal sama sekali tidak bisa di gunakan karena terlalu banyak menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh melalui darah. ciri gagal ginjal ini cukup banyak. Gagal ginjal ini juga bisa di hubungkan denga penyakit diabetes atau kencing manis.

Pada penyakit diabetes, gagal ginjal adalah salah satu dari komplikasi penyakit lanjutan dari diabetes. Namun pada dasarnya penyebab utama ciri ciri penyakit gagal ginjal ini adalah tidak teraturnya pola makan dan pola hidup.

Gejala yang di timbulkan antara lain :

1. Anemia
Anemia atau kekurangan darah bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan ini terjadi apabila Anda mengalami gagal ginjal. Hal ini dikarenakan, ginjal yang biasa mengolah darah sudah tidak berfungsi sehingga darah yang seharusnya bisa di jadikan zat-zat yang berguna bagi tubuh menjadi hilang dan menyebar ke seluruh tubuh tanpa di olah. Atau bahkan bisa menyumbat bagian tubuh yang lain.

2. Penggumpalan darah
Penggumpalan darah terjadi karena darah yang seharusnya di proses oleh ginjal menjadi zat-zat yang berguna bagi tubuh tadi tidak bisa di olah sehingga darah menjadi gumpalan yang berkelanjutan menjadi penyumbatan pada titik tertentu. Penggumpalan darah ini juga di sebut humateria dalam bahasa kedokteran.

3. Pembengkakan
Pembengkakan seluruh tubuh juga menjadi salah satu tanda yang dapat Anda lihat. Seperti pada penjelasan sebelumnya, pembengkakan yang terjadi di karenakan ginjal yang sudah tidak berfungsi tidak bisa mengalirkan darah ke seluruh tubuh secara teratur. Sehingga darah yang berhenti atau menggumpal dapat menyebabkan pembengkakan pada bagian tubuh tertentu. Terutama kaki. Pembengkakan ini di sebut edema

4. Buang air besar ada darahnya
Gejala lainnya yang mungkin timbul adalah terdapat darahnya pada saat melakukan buang air besar. Hal ini dikarenakan ginjal tidak bisa lagi menyaring darah yang masuk sehingga darah yang di olah langsung menuju lambung dan feses.

5. Terjadinya sesak nafas
Sesak nafas ini terjadi karena ginjal yang tidak stabil membuat paru-paru dan jantung juga tidak stabil bahkan cenderung terkena dampak dari keadaan ini karena kalau tidak segera mendapatkan penanganan khusus maka akan berakibat buruk dimasa depan.

 

Baca artikel lainnya: Ciri Ciri Penyakit Tifus Lengkap

6. Dapat menimbulkan bau tidak enak ketika buang air kecil
Bau yang tidak sedap pada saat buang air kecil di sebabkan ginjal yang tidak berfungsi baik. Sehingga urine yang keluar adalah urine yang belum di saring. Hal ini juga bisa dikategorikan sebagai tanda yang patut diperhatikan.
Keenam hal tersebut merupakan keadaan yang tidak disangka karena dengan adanya situasi seperti ini menandakan adanya kelaihan yang bisa datang dan muncul kapan saja. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik. Sehingga anda tidak mudah terserang gejala penyakit gagal ginjal, karena penyakit ini bisa sangat berbahaya, jika tidak segera ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.