Tanda-Tanda Penyakit Kencing Manis dan Penyebab Utamanya

Mengenal lebih jauh tentang tanda tanda penyakit kencing manis memang tidak mudah, hal ini harus kita pahami selagi masih ada kesempatan untuk mencegah penyebab sakit kencing manis karena gejala awal dari penyakit tersebut mungkin saja sudah pernah kita alami sekarang. Memang beberapa orang tidak mengetahui secara pasti mengenai penyakit kencing manis. Ternyata bagi sebagian orang untuk mengenali gejala dari kencing manis ini bukanlah perkara mudah. Kencing manis menjadi penyakit kronis jika seseorang tidak dapat mengetahui gejala yang dialami dalam kurun waktu tertentu. Gejala Penyakit Kencing Manis ini dikenal juga sebagai diabetes melitus dan dari tahun ke tahun jumlah penderita semakin bertambah. Lalu apa saja gejala dan penyebab dari penyakit kencing manis ini?

kencing manis

Berikut ini akan dijelaskan tentang hal ini dan faktor penyebabnya yang nantinya bisa menjadi satu referensi.
Berikut merupakan ciri ciri kencing manis yang bisa Anda ketahui lebih dini:

Sering Merasa Lapar yang Berlebihan
Terkadang sulit untuk menentukan satu gejala dari penyakit kencing manis ini salah satunya adalah sering merasa lapar. Padahal itu merupakan satu gejala diabetes yang berhubungan dengan kondisi insulin di dalam tubuh. Jika Anda sering merasa lapar walaupun jam makan sudah teratur maka Anda perlu berhati-hati.

Mudah Merasa Lelah
Mudah lelah dan tidak bersemangat bisa jadi satu Gejala Penyakit Kencing Manis dan gejala ini seringkali disepelekan karena dianggap hal biasa. Seseorang menjadi mudah lelah dan tidak berenergi karena kadar glukosa dalam tubuh tidak dapat diolah dengan maksimal karena produksi insulin tidak maksimal.

Merasa Kesemutan
Kesemutan bisa jadi tanda awal penyakit kencing manis, jika Anda sering mengalami kesemutan pada tangan dan kaki sebaiknya berhati-hati dan konsultasikan ke dokter. Kesemutan merupakan dampak dari menumpuknya gula dalam darah yang mampu mengganggu sistem saraf.


Luka Sulit Sembuh
Hal yang paling mudah ditandai adalah pada saat luka apakah sulit untuk disembuhkan? Luka akan semakin sulit sembuh karena kadar insulin tidak setara dengan kebutuhan kekebalan tubuh. Akibatnya proses penyembuhan menjadi terganggu. Jika sudah mengalami gejala tersebut segeralah konsultasi ke dokter.

Penglihatan Menurun
Jika sudah dalam tahap lanjut maka penglihatan akan menurun dan itu terjadi akibat kerusakan pada pembuluh darah di sekitar mata dan berkurangnya cairan pada lensa mata. Berhati-hatilah jika mengalami keadaan seperti ini, semakin dini Anda konsultasi maka semakin baik.

Gejala-gejala diabetes di atas seringkali dianggap sebagai hal biasa dan nantinya akan semakin buruk jika tidak segera mendapat penanganan. Kemudian apa saja yang menjadi penyebab terjadinya penyakit kencing manis ini? Berikut ulasannya.

Penyakit kencing manis terjadi akibat dari hasil gejala diabetes yang tidak segera mendapat penanganan.
Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya penyakit kencing manis:

Obesitas
Satu faktor paling dominan dimana dapat melanda usia apapun baik anak-anak hingga tua. Obesitas menjadi awal dari gejala penyakit ini yang kemudian akan semakin parah jika penderita tidak mengatur pola makan. Obesitas memang menjadi sumber masalah diabetes, dikarenakan glukosa di dalam tubuh tidak dapat dibuang secara sempurna.

Kurang Beraktifitas
Kurang berolahraga dan seharian duduk di depan layar komputer ternyata bisa memicu penyakit diabetes. Kadar glukosa dalam darah tidak akan terbuang sempurna karena kurangnya aktifitas, sebaiknya berjalanlah selama 15 menit di sela-sela kesibukan Anda.

Pola Makan Tak Sehat
Pola makan tidak teratur menjadi satu faktor pencetus dari keadaan paling buruk yang mungkin terjadi. Biasanya kadar karbohidrat dan gula menjadi satu pemicu penyakit kencing manis. Kendalikan pola makan, dan selalu cek gula darah bisa menjadi satu solusi agar terhindar dari kencing manis.

Itulah beberapa informasi mengenai  hal yang perlu kita tahu tentang kencing manis dan beberapa penyebabnya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.