Tips Agar Baterai HP BlackBerry/ Android Tidak Cepat Ngedrop

Ditengah semakin maraknya kehadiran ponsel Android dan BlackBerry saat ini, salah satu masalah yang sering muncul adalah baterai yang cepat habis dan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan baterai ngedrop. Kerusakan pada baterai ini memang menjadi satu kendala tersendiri pada gadget baik yang berbasis HP biasa maupun smartphone.

tips agar baterai HP tidak cepat ngedrop

Untuk gadget dengan merk terkenal seperti Samsung atau Nokia mungkin tidak menjadi masalah karena mencari suku cadangnya termasuk mudah. Namun untuk gadget lokal atau merk-merk China misalnya, kadang kita kesulitan untuk mencari sparepartnya apabila mengalami masalah.

Menyikapi hal tersebut tidak ada salahnya kita menyimak tips menghemat baterai HP dan cara agar baterai handphone tidak cepat negdrop dibawah ini. Meskipun terkesan sepele, namun tidak ada salahnya kalau kita menerapkannya.


Trik pertama, hindari penggunaan theme atau walpaper dengan warna cerah atau terang. Hal ini berkaitan dengan konsumsi baterai yang boros karena layar LCD cenderung memancarkan cahaya berlebih apabila menggunakan theme yang terang. Solusinya, kurangi tingkat kecerahan layar dan gunakan warna-warn gelap, juga matikan animasi atau live wallpaper di HP anda.

Kedua, kurangi penggunaan aplikasi yang bekerja secara background, dan gunakan aplikasi yang memang diperlukan saja. Silahkan remove aplikasi yang tidak penting.

Ketiga, biasakan melakukan isi ulang atau charge baterai dengan benar. Perhatikan waktu yang tepat untuk menge-charge, yaitu apabila baterai sudah hampir habis dan jangan sampai HP mati sendiri karena low batt.

Nah demikian tips agar baterai HP tidak cepat ngedrop dan rusak yang meskipun sederhana semoga dapat menambah wawasan tentang gadget. Pembahasan ini melanjutkan artikel sebelumnya tentang gadget yaitu merk power bank yang bagus.