5 Tips Agar Tidak Salah Mengambil Keputusan Yang Sulit


Banyak perkara dalam hidup yang mengharuskan kita bersikap bijak dalam memutuskan sesuatu, hal ini sangat penting untuk tahu seperti apa tips agar tidak salah mengambil keputusan sulit, karena bisa saja apa yang kita putuskan saat ini nampak mudah namun dampaknya baru terasa beberapa tahu kemudian.

Kadang kita dihadapkan pada suatu keadaan dimana harus tahu cara memutuskan pilihan yang sulit atau membuat keputusan untuk masalah yang sangat berat. Apabila hal tersebut sedang melanda kita, sepertinya sangat susah menentukan kemana arah tujuan pilihan yang akan kita ikuti.

 

Contoh peristiwa yang membutuhkan keputusan besar

Banyak masalah dalam keluarga misalnya, yang membawa dampak pada sang anak. Misalnya dilema perceraian kedua orang tua, pasti akan menyisakan kesedihan hati bagi seorang anak, dimana anak harus dihadapkan pada pilihan yang berat. Mau ikut ibu atau ayah, karena hal tersebut dapat berdampak pada masa depan anak.

Dalam hal ini orang tua harus mengambil langkah tepat supaya masa depan si anak tidak jadi korban, karena beban hidup orang tua mau tidak mau nanti akan berdampak pada masa depan anak. Akan seperti apa mentalnya dan bagaimana hari-hari nanti tidak lepas dari peran kedua orang tua.

Maka dari itu, akan lebih baik agar tidak mengesampingkan masalah anak ini, jalan hidup bisa saja berpisah, namun tidak ada yang namanya bekas anak. Sampai kapanpun akan tetap jadi seorang anak yang disayang orang tua, maka dari itu akan lebih baik kalau ayah dan ibu tidak egois dan membiarkan anak tumbuh sesuai keinginannya.

 

Memilih sesuatu yang sulit untuk diputuskan

Mau tidak mau, saat kita dihadapkan pada situasi sulit maka harus mengambil keputusan yang dianggap paling baik. Meskipun belum tentu memberikan dampak besar saat ini, namun dimasa depan bisa saja hal itu sangat berpengaruh pada kehidupan kita.

Sehingga mempertimbangkan dengan baik segala langkah awal adalah sangat benar, bagaimana nanti sikap kita supaya tidak salah dalam memutuskan sehingga segalanya dapat dijalani dengan seksama tanpa memberikan beban dalam hati dan perasaan.

Beberapa tips untuk memutuskan sesuatu yang berat:

  1. Berdoa memohon petunjuk kepada-Nya
  2. Merenungkan kembali jauh kebelakang dan gambaran kedepan bagaimana keputusan kita akan berpengaruh pada kehidupan dimasa mendatang
  3. Mendengarkan setiap saran dan masukan dari orang terdekat
  4. Menggunakan pikiran dan hati dalam memutuskan sesuatu
  5. Memutuskan hal penting tidak  buru-buru dan tidak hanya mengikuti emosi

 

Apabila kita sedang menghadapi masalah yang berat akan suatu keputusan yang harus ditentukan, maka ada baiknya kita lebih mendekatkan diri pada Tuhan agar diberi petunjuk terbaik untuk apa yang akan kita putuskan.

Memutuskan pilihan yang berat tidaklah mudah dan dapat diputuskan begitu saja. Perlu adanya pertimbangan yang matang sebelum kita melangkah, karena kalau sampai kita salah langkah akan membawa kesulitan pada diri kita sendiri.

Bagaimanapun kalau terpaksa kita harus mengambil keputusan untuk sebuah pilihan yang tidak mudah, yang pasti harus dipertimbangkan adalah jangan sampai terlalu menyakiti perasaan orang lain dan kalau bisa pilihan yang kita putuskan akan bersifat adil untuk semua pihak.

Kalau kita sudah memiliki pedoman yang baik dalam melangkah dalam setiap keadaan, tentu akan berdampak baik pula pada diri sendiri dan orang sekitar, yang nantinya akan mempengaruhi segala konsekuensi yang harus kita tempuh dari keputusan tersebut.