Untuk Gaming , Pilih PC atau Laptop ?

Halo sobat Gamesiana , kali ini kita akan bahas bersama-sama tentang kelebihan dan kekurangan PC maupun Laptop untuk Gaming , namun sebelumnya sobat juga bisa melihat artikel Gamesiana sebelumnya yaitu 5 Alasan Kenapa PC Lebih Baik Ketimbang Console .

Untuk Gaming , Pilih PC atau Laptop ?

Memang banyak kalangan menganggap bahwa PC lebih baik ketimbang Laptop untuk kegiatan Gaming , namun banyak produser Laptop menciptakan Laptop yang dikhususkan untuk Gaming , namun itu juga tak menjamin bahwa Laptop lebih baik ketimbang PC , hmm .. yuk langsung saja kita lihat Kelebihan dan Kekurangan PC dan Laptop untuk Gaming !

PC 

Untuk Gaming , Pilih PC atau Laptop ?



Kelebihan 

1. Kebanyakan PC memiliki Spesifikasi lebih mumpuni ketimbang Laptop !

Ya benar , hampir setiap kali melihat perbandingan antara PC dan Laptop dengan harga yang sama , PC lebih unggul dalam hal spesifikasi ( RAM , HDD , VGA , dll ) , bahkan mungkin dengan sepsifikasi yang sama PC bisa lebih murah ketimbang Laptop .

2. Dapat mengupgrade Hardware lebih mudah

Bayangkan , Games setiap tahunnya selalu menghadirkan seri-seri terbarunya , setidaknya melakukan update , tentunya spesifikasi games tersebut akan semakin tinggi setiap tahunnya , nah ini yang membuat PC lebih diminati karena kemudahannya mengupgrade hardware untuk mengikuti perkembangan game terbaru .

3. Kuat untuk Gaming

Kuat disini berartian bahwa sobat bisa menggunakan PC secara terus menerus hingga berjam-jam tak akan bermasalah , terlebih lagi bila sobat menambahkan kipas pendingin pada PC sobat .

Kekurangan 

1. Membutuhkan Suplai Listrik secara terus menerus

Tanpa Listrik PC tak akan bisa dijalankan , apalagi bila digunakan untuk gaming , PC juga tak membutuhkan suplai listrik yang sedikit , jadi jika sobat ingin memilih PC untuk gaming tentu harus memikirkan listrik dirumah sobat yang bila digunakan secara terus menerus tentu akan menambah biaya listrik .

2. Tak Bisa Dibawa Kemana-mana


Tak seperti Laptop yang bisa dibawa kemana-kemana yang terkesan simple , namun berbeda dengan PC , seperti yang telah dijelaskan dipoin nomor 1 tadi , PC membutuhkan suplai listrik secara terus menerus , selain itu komponen PC juga tidak sedikit , tentunya tidak akan mungkin bila sobat akan bermain bersama-sama dengan kawan sobat ditempat yang sama ( kecuali Warnet ya 😀 ) .

Laptop 

Untuk Gaming , Pilih PC atau Laptop ?



Kelebihan 

1. Simple , bisa dibawa kemana-mana

Dengan Laptop sobat ingin bermain games di rumah , di sekolah , di cafe , dimana saja bisa , namun untuk games-games kecil saja tentunya , karena bermain games akan menyedot daya baterai laptop cukup besar , mungkin jika ingin bermain game besar bersama teman-teman sobat , sobat bisa membawa charge untuk jaga-jaga bila baterai laptop kehabisan .

Kekurangan 

1. Cepat Panas , Baterai Boros !

Ya , Laptop untuk bermain games akan cepat panas yang bisa membahayakan komponen laptop penting lainnya , selain itu juga Laptop juga akan sangat boros baterai bila digunakan untuk bermain games ( terutama games menengah hingga berat ) jadi mau tidak mau bila sobat bermain games harus selalu ditancapkan dengan cas untuk mengisi baterai .

2. Harga Relatif Mahal

Harga Laptop dengan spesifikasi menengah bisa hampir dua kali lipat dengan harga PC rakitan dengan spesifikasi serupa , apalagi bila sobat ingin membeli laptop yang dikhususkan untuk gaming , harganya sangat tinggi bahkan mencapai puluhan juta .

3. Tak Bisa Upgrade Hardware

Kebanyakan bila ada salah satu hardware yang rusak , otomatis sobat harus mengganti hardware-hardware terkait tidak hanya hardware yang rusak tersebut , repot bukan ? apalagi jika kita ingin mengupgrade hardware menjadi lebih tinggi akan lebih susah ketimbang mengupgrade hardware di PC .


Kesimpulan : 

Jika sobat benar-benar ingin membeli untuk kebutuhan gaming , pilihan PC , kenapa ? jelas keunggulan dan kelebihan PC untuk gaming lebih banyak ketimbang laptop , namun bila sobat bermain games hanya untuk iseng-iseng mengisi waktu luang dan lebih mementingkan kebutuhan pekerjaan atau sekolah mungkin sobat bisa memilih laptop !

Nah itu dia sob , menurut sobat lebih baik PC atau Laptop untuk bermain games ? atau sobat punya pengalaman bermain menggunakan PC maupun Laptop ? yuk bagikan pengalaman sobat di kolom komentar.
Terimakasih !


Comments
  1. izul

    laptop ane sering panas dan sering ngos ngos san kalo game nya yang berat jadi pc aja ya gan ?